Kosai Baru, Harapan Baru

Bertepatan dengan peringatan ulang tahun yang ke-2 Dusun Kosai Baru, Desa Sinaka, IBU Foundation dan pemerintah Desa Sinaka secara resmi mendeklarasikan Dusun Kosai baru sebagai dusun sehat. Predikat ini diberikan setelah Dusun Kosai Baru terbebas dari perilaku buang air besar sembarangan (BABS).

320592_10150457220674314_101363422_n
  Logistic Distribution for Clean Water Installation

Pencapaian ini merupakan hasil dari upaya masyarakat bersama IBU Foundation yang bekerja sama dengan SurfAid lnternational dan Pemerintah Desa Sinaka dalam Program Promosi Kebersihan dengan pendekatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM/CLTS).

Seluruh warga Dusun Kosai Baru menyatakan sikap positifnya untuk berhenti BABS. Perubahan ini ditandai oleh pembangunan jamban sederhana secara mandiri oleh setiap kepala keluarga di masing-masing tempat tinggalnya. Dengan semboyan “Stop Mutanai Sembarangan, Amankan Tanai“, warga Kosai Baru membangun secara swadaya tempat BAB sesuai dengan tingkat kemampuan warga dengan tidak meninggalkan prinsip “pengamanan tinja”.

Sebagai wujud apresiasi atas prestasi warga Kosai Baru, IBU Foundation melakukan upaya mendukung pembangunan fasilitas air bersih berbasis masyarakat yang selama ini belum terwujud karena masih kurangnya dana dan material yang dikumpulkan oleh warga. Dengan sejumlah dukungan yang berhasil dikumpulkan oleh IBU Foundation untuk menutupi kekurangan pembangunan fasilitas yang diimpikan oleh warga Kosai Baru tersebut, akhirnya pada tanggal 28 Oktober 2011, seluruh masyarakat Dusun Kosai Baru yang terdiri dari 15 KK selama 3 hari (28, 29, 31 Oktober) mengalokasikan waktunya secara khusus untuk bergotong royong membangun instalasi air bersih dan sekaligus menjadikan buah usaha masvarakat tersebut sebagai hadiah ulang tahun dusunnya yang ke 2.

301942_10150458751724314_1660
Handing a certificate “Dusun Sehat” to Chief of Kosai Baru Village

 

Pada peresmian fasilitas air bersih di Dusun Kosai Baru, Tarsan Samaloisa selaku kepala Desa Sinaka menyatakan bahwa prestasi yang telah dicapai oleh warga Dusun Kosai Baru ini adalah prestasi yang luar biasa dimana warga mampu melakukan perubahan ke arah yang positif. Dalam kesempatan yang sama pula Kepala Desa kembali menguatkan masyarakat untuk sepatutnya terus melakukan perubahan dan peningkatan upaya menjaga kebersihan lingkungan serta kesehatan masyarakat mengingat wabah muntaber pernah terjadi beberapa tahun silam akibat pola perilaku BABS.

 

377942_10150458747439314_1646211660_n
Inauguration of The Clean Water Facility

Kepala Desa juga menganjurkan agar perubahan ini dapat ditularkan kepada dusun-dusun lain di Desa Sinaka dan dirinya berjanji akan mengupayakan pengembangan program serupa untuk dusun-dusun lain agar dapat mengikuti jejak prestasi Dusun Kosai Baru. Prestasi yang dicapai oleh warga Dusun Kosai Baru ini juga mendorong beliau untuk kemudian berinisiatif guna mempertahankan budaya gotong royong yang masih nyata ada dengan memberikan kesempatan kepada warga Dusun Kosai Baru mengajukan permintaan dana bantuan kegiatan gotong royong warga. Hal ini dinyatakan oleh beliau di tengah-tengah sambutan peresmian dan beliau mengharapkan dengan adanya dana stimulan ini, masyarakat dusun dapat terus termotivasi untuk membangun dusunnya.

 

386787_10150458772744314_1553334356_n
Group Photo with Kosai Baru’s Villagers

Kepala Dusun Kosai Baru – Mesta Samaloisa dalam kesempatan menyampaikan sambutannya, menyatakan bahwa upaya yang dilakukan warganya ini baru merupakan tahap awal pembangunan dusun. Beliau menilai bahwa upaya ini merupakan program seumur hidup, yang artinya program ini adalah merupakan kewajiban dan tanggung jawab warga selama mereka hidup.

 

Konan Kam Masibangun Laggaita.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone