Cerita Perubahan: Peningkatan Kapasitas Secara Mandiri

Ditulis oleh: Silvia Dewi (Project Manager Livelihood Restoration Subang, Jawa Barat)

DSC_4776_800x533
Silvia Dewi: presentasi logic program dalam open space annual meeting IBU

Perubahan yang signifikan yang saya rasakan ketika saya bergabung dengan Yayasan IBU adalah saya dipicu untuk meningkatkan kapasitas saya secara mandiri. Hal ini terjadi karena biasanya saya bekerja pada tatanan implementasi progam, sedangkan menyusun strategi sesuai dengan desain program merupakan hal yang sangat baru buat saya, sehingga saya belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang hal ini. Sistem yang diciptakan oleh tim Supervisor terutama Direktur Eksekutif yang memberikan kepercayaan dan keleluasaan kepada saya dalam menentukan strategi justru terasa menjadi tanggung jawab dan kepercayaan yang sangat besar, yang membuat saya terpacu untuk memberikan yang terbaik untuk project ini.

Walaupun diberikan keleluasaan dalam menjalankan project, namun pendampingan dari Tim Supervisor sangat saya rasakan. Pendampingan dan dukungan tidak hanya dilakukan secara berkala dalam bentuk monitoring dan evaluasi saja, tetapi selalu tersedia kapanpun site membutuhkan dengan cara yang sangat fleksibel dapat melalui emai, telepon, dan media sosial lain yang mendukung. Selain itu saya merasa sangat dihargai oleh tim supervisor, walaupun secara struktural saya berada di bawah mereka, tetapi pendapat, dan masukan saya selalu dipertimbangkan dan dihargai walaupun mungkin terkadang kurang tepat. Hal ini membuat saya merasa tidak segan dalam melaksanakan koordinasi dan merasa nyaman ketika harus mengeluarkan pendapat.

Sistem yang diciptakan oleh organisasi Yayasan IBU pada saat ini saya rasa sudah baik, dan dapat menciptakan lingkungan “Ingin Belajar” yang membawa dampak yang baik pada individu-individu di dalamnya. Hal ini menjadi investasi yang tak ternilai untuk organisasi yang akan segera menjalankan start up Year tahun 2016, dimana sasaran-sasaran yang ingin dicapai akan terlaksana dengan baik karena didukung oleh individu-individu yang selalu haus untuk belajar dan mempunyai keinginan kuat untuk maju.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone