Pelatihan Child Friendly Space untuk Relawan di Kabupaten Bandung bersama Save The Children

6. Child Friendly Space General Concept and Group Simulation on Assessment for stakeholder_800x450Hampir semua daerah di kabupaten Jawa Barat rawan terjadi bencana alam. Jenis bencana alam yang terjadi seperti banjir, gempa, erupsi gunung berapi, ataupun tanah longsor. Saat ini, Save the Children telah mendampingi di lebih dari lima kabupaten/kota di Jawa Barat. Salah satunya yaitu Kabupaten Bandung yang mengalami banjir secara berulang. Seperti yang kita ketahui dari kabar terakhir, penyebab banjir tersebut terjadi karena luapan sungai Citarum yang dipicu oleh hujan deras yang terjadi sejak Selasa (08/03/16) hingga Minggu (13/03/16). Badan Nasional Penanggulangan Bencana melaporkan sekitar 15 kecamatan yang terkena dampak banjir tersebut termasuk Dayeuhkolot, Baleendah dan Rancaekek, dengan kedalaman rendaman air yang bervariasi antara 80-300 cm. Sekitar 2.400 orang menderita dan 3.000 orang mengungsi ke tempat pengungsian terdekat.

Save the Children Jawa Barat telah melakukan assessment dan merespon penyintas di tempat pengungsian tertentu sejak minggu ke tiga bulan Maret 2016. Respon yang telah dilakukan adalah mendistribusikan sejumlah Hygiene kit dan mendirikan Child Friendly Space (CFS) di salah satu tempat pengungsian Kecamatan Dayeuhkolot. Dalam rangka meningkatkan kesiapan masyarakat dan relawan menghadapi kondisi bencana di Kabupaten Bandung, tim Save the Children bekerja sama dengan Yayasan IBU telah melaksanakan pelatihan bagi relawan dan kader masyarakat dari daerah dampingan Save the Children.

9. Work Group of Assesment_800x450Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 31 Maret sampai 1 April 2016 pukul 10.00 – 16.00 WIB bertempat di Hotel Lingga  jalan Soekarno Hatta no. 465, Batununggal Kota Bandung, Jawa Barat. Dihadiri oleh peserta yang terdiri dari staff BPBD, relawan PANTERA, Tagana, mahasiswa UNPAD, PKBM Saudara Sejiwa, IMAKS, POMA UNPAD, dan relawan dari IBU dengan jumlah total partisipan sebanyak 25 orang.

Hari pertama, sesi dimulai dengan pembukaan dan pembahasan regulasi Child Safeguarding dan perkenalan para peserta. Kemudian sesi dilanjutkan pada pemaparan konsep umum dalam Child Friendly Space, simulasi assessment kelompok terhadap pihak terkait/stakeholder, simulasi assessment kelompok terhadap anak, dan pemaparan dasar dalam pengelolaan Child Friendly Space. Sesi pelatihan hari pertama diakhiri dengan diskusi perkelompok mengenai perencanaan kegiatan dalam Child Friendly Space.

25. Group Simulation 3 _ CFS Activity for Children (13-18 years old)_800x600Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi berdasarkan hasil diskusi pada sesi hari pertama. Para peserta dibagi ke dalam tiga kelompok berdasarkan kategori rentang usia pada anak. Kelompok satu untuk anak usia 7-12 tahun, kelompok dua untuk anak usia 0-6 tahun, dan kelompok tiga untuk anak usia 13-18 tahun. Ketiga kelompok tersebut secara bergantian mensimulasikan hasil diskusinya. Proses simulasi berlangsung dengan metode diskusi, para peserta dari kelompok lain dipersilakan untuk memberi masukan maupun mengajukan pertanyaan secara terbuka.

Melalui metode pelatihan aktif-partisipatif dan pengalaman dalam tanggap bencana yang dimiliki oleh beberapa perwakilan institusi yang hadir, dapat dilihat bahwa para peserta telah lebih siap untuk merespon bencana banjir di Kabupaten Bandung dan segala bencana alam di Jawa Barat. Peserta juga telah mengetahui mengenai konsep Child Friendly Space dan konsep dasar psikososial beserta praktiknya. Hal tersebut diukur dari penilaian diri yang dilakukan oleh peserta tentang pengetahuan mereka terkait materi yang disampaikan dalam pelatihan dari 0 hingga 10. Di hari pertama, nilai yang didapat peserta rata-rata berada pada poin 6 hingga 7. Setelah mengikuti sesi pelatihan, pada hari kedua nilai yang didapat para peserta berada pada poin 8 hingga 9. Hal tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kapasitas peserta dalam pengetahuan konsep dan pengelolaan terutama mengenai Child Friendly Space21. Group Simulation 2 _ CFS Activity for Children (0-6 years old)_800x600

Hasil lain yang terjadi dalam pelatihan ini adalah kesiapan dalam berkontribusi untuk menyediakan jasa relawan yang sudah memiliki pengetahuan mengenai Child Friendly Space dari masing-masing perwakilan organisasi yang hadir sebagai peserta. Hal tersebut dipengaruhi oleh kesadaran yang didapatkan peserta mengenai pentingnya program Child Friendly Space di dalam kondisi pengungsian ketika terjadi bencana. Menurut mereka, program Child Friendly Space dapat melindungi lingkungan anak-anak terdampak bencana dalam bermain, bersosialisasi, belajar, dan mengekspresikan diri mereka untuk membangun rutinitas keseharian anak setelah bencana terjadi.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone