Workshop Koalisi Nasional PAUD HI: Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif

IBU Foundation mengikuti Workshop Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) di Hotel A One Menteng yang diselenggarakan pada Hari Rabu 15 Juni 2016 pukul 8.45-17.50. Workshop ini juga diikuti oleh anggota Koalisi Nasional PAUD HI beserta stakeholder dari Kementrian Kesehatan, Kementrian Komunikasi PMK, dan beberapa pejabat pemerintahan tingkat kabupaten, yakni Kabupaten Sikka dan Sijunjung dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kabupaten Sukabumi dari Provinsi Jawa Barat. Tema besar dari kegiatan ini adalah koordinasi serta advokasi terhadap semua pihak terkait yang termasuk dalam Gugus Tugas PAUD HI di tingkat nasional termasuk dengan pemerintah daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Hal ini sesuai dengan pelaksanaan pengembangan program seperti yang di mandatkan dalam Perpres No 60 Tahun 2013 yang memuat tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif.

Dalam pertemuan ini, IBU berkesempatan untuk menjadi peserta workshop yang menyimak seluruh rangkaian kegiatan. Metode workshop yang digunakan adalah diskusi panel diskusi kelompok. Dalam setiap diskusi panel, para panelis mempresentasikan materi tentang kebijakan-kebijakan terkait PAUD HI dan bagaimana mengimplementasikan kebijakan tersebut di dalam strategi program. Selain itu, IBU juga berkontribusi sebagai co-facilitator kelompok perwakilan daerah yang membuat rencana tindak lanjut untuk mengembangkan PAUD HI di masing-masing daerahnya setelah para peserta mengetahui potensi kebijakan yang telah dipresentasikan pada sesi sebelumnya. Di dalam diskusi kelompok tersebut diikuti oleh 3 orang dari Koalisi PAUD HI yang berperan sebagai fasilitator dan juga notulensi, 3 orang perwakilan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan 2 orang perwakilan dari Provinsi Jawa Barat. Hasil diskusi tersebut lebih mengacu pada bagaimana para stakeholder berkolaborasi untuk melakukan advokasi pelaksanaan program hingga dicantumkan ke dalam perda masing-masing daerah sehingga tersedia dana pelaksanaan program. Dana pelaksanaan program tersebut akan dianggarkan untuk peningkatan kapasitas stakeholder masing-masing daerah dan kader PAUD atau Posyandu tentang PAUD HI.

IBU sebagai salah satu anggota Koalisi PAUD HI juga berkesempatan untuk mengisi stand untuk branding program SANDI (Sayang Anak Usia Dini). Branding SANDI tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan program mandiri IBU kepada peserta Workshop Nasional PAUD HI. Program SANDI ini sangat terkait dengan bagaimana sebuah institusi mengembangkan PAUD HI di daerah dampingan. Salah satu hal kegiatan yang dilakukan oleh IBU dalam program SANDI adalah meningkatkan kapasitas kader Posyandu dan PAUD di Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Subang. Selain itu, IBU juga membawa beberapa produk branding SANDI, diantaranya novel Aras Atas, kaos Aras Atas, kaos SANDI, sticker SANDI dan gantungan kunci SANDI. Produk tersebut dipamerkan sebagai display product pada meja pameran di seminar nasional Koalisi PAUD HI.

IBU pun mempromosikan buku Mekar Motekar yang merupakan buku panduan praktis penerapan program pengembangan anak usia dini berbasis penguatan masyarakat. Buku ini disusun oleh Direktur Eksekutif IBU yakni Rika Setiawati, berdasarkan hasil kajian pembelajaran Yayasan IBU dan masyarakat dampingan dalam pelaksanaan program Pengembangan Anak Usia Dini berbasis penguatan masyarakat di Kecamatan Pagelaran dan Kecamatan Sukanegara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (2010 s.d. 2014). Buku Mekar Motekar ini oleh IBU di jadikan sebagai merchandise untuk peserta yang aktif bertanya saat sesi diskusi tanya jawab berlangsung. Sebanyak 22 buku Mekar Motekar telah didistribusikan kepada peserta yang aktif bertanya.