Konferensi Nasional PRBBK XII

IBU berpartisipasi sebagai peserta dalam Konferensi Nasional PRBBK (Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas) XII yang dilaksanakan pada tanggal 22 hingga 24 November 2016 bertempat di Gedung II dan IV Universitas Padjajaran Dipatiukur, Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memperkuat dan memperluas gerakan pengurangan risiko bencana di Indonesia secara komprehensif.

Pada hari 1, peserta diberikan pemaparan materi satu arah dan diberikan sesi tanya jawab diakhir sesi pemberian materi. Hari 2, peserta diarahkan untuk melaksanakan diskusi kelompok yang dibagi menjadi 3 kelompok. Masing-masing peserta dikelompokkan sesuai dengan topik yang diminati, topik tersebut terdiri dari perlindungan anak dan keluarga, perlindungan aset, dan perlindungan lingkungan. Setelah sesi tersebut selesai, peserta dibagi kelompok kembali dalam 3 kelompok dengan topik yang berbeda, yaitu perlindungan kesehatan pasar rakyat tangguh bencana, dan perlindungan sosial. Pada masing-masing sesi diskusi kelompok, sesi tersebut diawali dengan diberikannya materi, diskusi kelompok, kemudian masukan sesuai dengan topik-topik yang telah di diskusikan oleh masing-masing kelompok. Hari 3, peserta melaksanakan field trip atau kunjungan ke lapangan. Peserta dibagi menjadi 2 kelompok untuk mengunjungi 2 lokasi yang berbeda yaitu, Sekolah Juara Bandung dan Desa Pasir Ipis, Jayagiri. Pada saat field trip, peserta dibebaskan untuk mencari tahu dan menggali informasi terkait kebencanaan
mengenai proses pembentukan tempat, tujuan, dan perkembangan di lokasi tersebut. Di akhir sesi field trip, masing-masing kelompok memaparkan hasil kunjungan dan rekomendasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemaparan dan pembahasan deklarasi Bandung untuk  kegiatan PRBBK XII.

 

image002 image300 image128 bded5e6b-3a42-4cf9-9bbe-a4fba085d24c image096

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone