Cerita Perubahan: Peran yang di jalani dalam ruang lingkup kerja

Ari Hadyan Mustamsik

Ex Operational Officer in Early Child Development Project

Keadaan awal yaitu saya banyak mengalami rasa ketidakenakan dan sikap tegas dan kooperatif dalam menghadapi suatu permasalahan karena kurang terampil dalam berkomunikasi. Namun seiringnya berjalan waktu tahap demi tahap dengan berbeda kondisi dan peran yang di jalankan, keadaan diri saya berubah menjadi lebih baik dalam menghadapi suatu permasalahan ataupun menghadapi orang yang berkaitan dengan peran kerja dalam internal tim maupun pihak luar yang berkaitan dengan program kerja yang di jalankan selama ini. Sampai saat ini saya sudah bisa mengurangi rasa ketidakenakan walaupun tidak 100 %. Menambah jam terbang dalam berkomunikasi dengan berdiskusi, melihat dan mengolah cara-cara rekan di lingkungan kerja dalam menghadapi orang ataupun suatu permasalahan lebih asertif dan berani tegas, merubah sikap yang dianggap kurang baik terhadap kinerja maupun diri saya secara pribadi. Secara garis besar ketika daya di divisi program saya banyak belajar dalam cara berkomunikasi baik itu secara observasi, diskusi maupun supervisi dari atasan. Ketika di divisi operasional saya belajar ketegasan sikap dalam menghadapi suatu permasalahan, karena sangat penting ketika di divisi operasional ketegasan dan kepatuhan terhadap aturan adalah suatu keharusan. Hal ini sangat di pengaruhi dan di berikan kepercayaan oleh supervisor tanpa mengesampingkan komunikasi dan koordinasi yang tetap terjalin.

Pencetus untuk saya dalam berani melakukan perubahan adalah disa dan panji. Karena ketika itu saya sering berdiskusi dengan mereka walaupun tidak seberani saat itu juga namun tetap saya cermati dan saya olah pesan dari hasil diskusi dengan mereka. Proses demi proses di jalani ketika saya berada di divisi program dengan supervisi dari teh rika dan rekan kerja saat itu sarce dan erwin dalam menjalankan strategi program, komunikasi, proses fasilitasi dengan mitra maupun beneficiaries. Yang paling berperan dalam perubahan menjalani program adalah sosok teh rika dan sarce, walaupun saya merasa kurang bagus performa kerjanya saat itu di bandingkan rekan kerja saya yang lain. Ketika di divisi operasional saya sangat terbantu dengan supervisi dari novi sebagai atasan saya terkait teknis pembuatan laporan keuangan maupun ketegasan dan kepatuhan terhadap aturan. Khusus ketika saya menjalani di divisi operasional dengan pengalaman di program sebelumnya, jadi ketika menghadapi rekan kerja yang tidak terlalu menaati peraturan operasional dengan cara komunikasi yang asertif dan memberikan penjelasan mengenai tujuan pentingnya menaati peraturan operasional.

Indikasi perubahan yang terjadi adalah saya bisa memposisikan diri dengan peran yang di jalani dalam ruang lingkup kerja. Termasuk mengatasi rasa ketidakenakan dan ketegasan sesuai dengan porsi maupun peran kerja yang di jalani.

Perubahan yang terjadi kaitannya bisa di sesuaikan dengan sinergitas antara operasional dengan program dalam menjalani suatu project secara keseluruhan.

dscn9899
(ujung kanan bawah)
38-foto-bersama-co-facilitator-relawan-lokal
(ujung kiri bawah)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone