Menjaga Kesehatan untuk Anak Usia Dini

Narasumber: dr. Istiarini Rahayu
Puskesmas Cijulang, Kabupaten Pangandaran

Penyusun: Siti Fauziah Nur Annisa
Mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad 2013

Anak usia dini adalah fase dimana anak mengeksplor apa yang ada di lingkungannya. Anak banyak mencoba berbagai hal dan aktif dalam berbagai kegiatan terutama untuk bermain. Anak lebih suka bermain di luar rumah seperti bermain air atau bermain tanah. Karakteristik anak usia dini yaitu anak yang aktif.
Anak usia dini ada pada rentang usia 0-6 tahun, dimana pada masa ini mengalami perkembangan pesat, baik fisik maupun psikis. Perkembangan ini harus disertai dengan kesehatan fisik dan psikis anak. Kebiasaan anak yang ingin mengetahui lebih banyak apa yang ada dilingkungannya, hal tersebut mengharuskan kita sebagai orang tua untuk bisa menjaga kesehatan anak usia dini.  Menurut dokter Istiarini, masalah kesehatan fisik yang sering terjadi pada anak usia dini biasanya demam, kejang, cacingan, kekurangan gizi, diare, flu, dan sebagainya. Masalah kesehatan fisik ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satunya dari kebersihan yang ada di lingkungan sekitar anak.
Menurut dr.Istiarini, “penjagaan untuk kesehatan anak usia dini memerlukan perhatian yang khusus dari pada orang dewasa, hal tersebut karena anak usia dini belum bisa mandiri untuk memelihara kesehatan dirinya sendiri.” Menurutnya, anak harus diberikan pengertian dan pemahaman mengenai kesehatan, terutama tentang menjaga kesehatan fisik anak sendiri.
Penjagaan kesehatan fisik anak usia dini dapat dimulai dengan menjaga kebersihan makanan yang diberikan untuk anak, kebersihan rumah. Untuk kebersihan dalam diri anak bisa kita mulai dengan memberitahukan pentingnya untuk mencuci tangan sebelum makan, kemudian dengan menggunting kuku anak. Pemeliharaan kebersihan diri pada anak memang masih perlu diawasi oleh orang tua, maka dari itu kesehatan anak memerlukan perhatian yang lebih dibandingkan orang dewasa.
Mendidik anak untuk hidup sehat dengan menanamkan kebiasaan dan mencontohkan kepada anak cara hidup sehat. Hal tersebut juga harus di dukung dengan orang-orang yang berada di sekitar anak, untuk mencontohkan kepada anak bagaimana hidup sehat dan manfaat apa saja yang ada ketika kita hidup sehat.
Tidak bisa dipungkiri ketika anak memiliki masalah kesehatannya, akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan pada anak tersebut. Orang tua selain harus mengetahui dan mencontohkan kepada anak bagaimana hidup sehat, mereka juga harus memiliki pengetahuan dan ciri-ciri beberapa penyakit yang biasa dapat menyerang anak usia dini. Ini berguna ketika anak mengalai masalah kesehatan fisik, orang tua mampu memberikan pertolongan pertama kepada anak.
Terpenting dalam menjaga kesehatan anak usia dini adalah asupan makanan yang cukup dan seimbang untuk kebutuhan anak usia dini. Biasanya ketika sekolah anak jajan sembarangan di sekolah, hal tersebut bisa di antisipasi dengan orang tua menyiapkan bekal makanan untuk anak. Makanan untuk anak juga harus menarik agar anak semangat untuk memakannya.
Anak usia dini juga harus diberikan imunisasi untuk terhindar dari berbagai penyakit, kadang beberapa orang tua sering mengabaikan mengenai imunisasi tersebut, tetapi imunisasi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan anak.
Menjaga kesehatan anak usia dini memang memerlukan perhatian yang khusus namun hal tersebut bisa kita mulai dengan membiasakan anak untuk hidup sehat pada berbagai aktivitas sehari-harinya, memberikannya makanan yang sehat dan bersih yang sesuai dengan usianya dan melakukan imunisasi pada anak.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone