Training of Trainer PFA Untuk Psychorescue UIN Bandung

IBU telah melaksanakan Training of Trainer (ToT) mengenai Psychological First Aid (PFA) kepada salah satu unit kegiatan mahasiswa di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu Psychorescue. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 3-5 Januari 2017 bertempat di Kampus UIN, Cibiru, Bandung.
Sebelum pada materi dasar mengenai PFA, peserta diberikan materi mengenai pemahaman umum dalam bencana serta dampak yang diakibatkan oleh bencana tersebut. Kemudian, peserta diberikan materi PFA dengan pengenalan safety zone dan social support. Setelah itu, peserta dikenalkan dengan gerakan body movement dan sesi relaksasi. Pada sesi berikutnya, peserta diberikan materi mengenai kemampuan dasar PFA untuk dewasa dengan melakukan roleplay counseling dalam grup dan individu. Sesi berikutnya, peserta diberikan materi dasar intervensi PFA pada anak sesuai tahapan perkembangan melalui Child Friendly Space (CFS). Selain diberikan materi CFS, peserta diarahkan untuk melakukan roleplay intervensi PFA anak sesuai tahapan perkembangan anak dengan panduan modul CFS.
Setelah materi PFA, peserta diberikan materi mengenai manajemen PFA. Dalam sesi ini, peserta diarahkan untuk melakukan simulasi rancangan rencana program tanggap bencana. Rancangan program tersebut dibuat detail berikut dengan aspek kegiatan hingga dana yang diperlukan. Setelah itu, peserta diberikan materi mengenai teknik fasilitasi dengan aspek peran, sikap, dan keterampilan seorang fasilitator kemudian peserta melakukan rancangan simulasi kegiatan pelatihan PFA. Simulasi tersebut bertujuan agar peserta mampu mentransfer ilmu yang telah dipelajari selama ToT kepada anggota baru Psychorescue. Sesi diakhiri dengan pembuatan rencana tindak lanjut oleh Psychorescue dalam pengadaan pelatihan PFA.

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone