Cerita Perubahan: Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan dengan Teman-Teman Relawan

Penulis: Findy Yoestiono K

Relawan IBU 2014

Keadaan yang Saya rasakan sebelum berada di IBU Foundation dalam ruang lingkup organisasi ialah kurangnya pengalaman dalam mengorganisir suatu kegiatan. Didalam IBU Foundation, Saya belajar banyak mengenai hal ini. Saya belajar untuk minimal mengetahui bagaimana suatu kegiatan itu dirancang, dijalankan, dan bagaimana evaluasi dari kegiatan yang telah dilakukan.
Selain itu, hal lain yang juga Saya dapatkan disini ialah bagaimana caranya agar dapat bekerja sama dengan lebih baik didalam tim. Relawan 2014 sangat membantu Saya dalam perkembangan untuk bekerja sama dengan lebih baik lagi. Kami berbagi dalam banyak hal, pengalaman, pengetahuan, dan hal ini yang membuat Saya merasa dapat menjalankan berbagai kegiatan bersama dengan baik. Tim ini tidak mengajarkan Saya untuk tidak berbuat kesalahan, tetapi untuk berani menghadapi kesalahan sehingga Saya dapat memperbaikinya kelak.
Perubahan-perubahan ini Saya alami dan Saya rasakan secara sadar karena Saya dapat menerapkan itu dalam kehidupan sehari-hari Saya. Dalam berinteraksi, Saya merasa menjadi lebih peka, lebih dapat memberi porsi dalam melakukan berbagai hal secara efisien, dan menyelesaikan suatu persoalan dengan efektif. Hal ini juga diperkuat oleh beberapa pendapat dari lingkungan Saya. Lingkungan Saya menangkap beberapa perubahan yang terjadi didalam diri Saya dan mereka merasakan perkembangan itu adalah hal yang positif untuk Saya.
Perkembangan yang Saya rasakan sudah terjadi didalam diri Saya ini sekiranya dapat menjadi hal yang baik dalam menjalankan berbagai kegiatan dalam IBU Foundation kelak, karena sejauh ini Saya mengalami banyak hal yang dilakukan disini yang membutuhkan kerja sama tim yang baik. Saya yakin dapat terus mengembangkan diri Saya disini bersama teman-teman relawan 2014. Karena Saya tidak akan mampu melakukan capacity development internal tanpa bantuan dan kerja sama dari mereka.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone