Perlunya Kelas Ibu Hamil

Penulis: Natasha Christy

Ketika sedang hamil, ibu mempersiapkan dirinya dalam menghadapi kehamilan. Ibu cenderung melakukan hal-hal yang diketahui dan dipercayainya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Namun, sebenarnya hal-hal yang dilakukan dan dipercayai oleh ibu hamil dalam mempersiapkan diri tidak sepenuhnya benar.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyatakan bahwa diperlukan kelas bagi ibu hamil untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi kehamilan. Dari kelas ini, ibu bisa meningkatkan pengetahuannya, mengubah pandangannya terhadap mitos yang dipercayainya, serta melakukan sharing dengan sesama ibu hamil dan petugas kesehatan.


Psikoterapis sekaligus konselor, Francesca Moresi, mengatakan bahwa ibu hamil memerlukan dukungan psikologis, salah satunya adalah dukungan dari lingkungan. Maka, ibu hamil juga bisa mendapatkannya melalui kelas ini. Dari interaksi dengan sesama ibu hamil dan petugas kesehatan, pengalaman bisa saling dibagikan untuk menambah pengetahuan dan juga bisa membuat ibu lebih siap dalam menghadapi kehamilan.

 

Sumber:

http://www.counselling-directory.org.uk/counsellor-articles/why-pregnant-women-and-new-mums-need-psychological-support

https://libportal.jica.go.jp/library/Archive/Indonesia/232i.pdf

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone