Manfaat Orangtua Terlibat Aktif Di Kegiatan PAUD

Parenting atau kegiatan bersama orang tua di PAUD adalah salah satu aspek penting dalam pengembangan anak usia dini. Jenis kegiatan yang dapat dilakukan pun beragam, dari bermain bersama orang tua, sosialisasi, pelatihan dan sebagainya. Manfaat yang didapat tentunya orang tua dapat melihat langsung kegiatan yang dilakukan anak usia dini selama di PAUD, berkontak langsung dan menjalin komunikasi yang baik dengan guru PAUD, selain itu dapat bersosialisasi dengan orang tua anak usia dini yang lain terkait pengembangan anak usia dini.

Contoh kegiatan yang telah dilakukan adalah kegiatan bersama orang tua di PAUD Kecamatan Lembang. Kegiatan ini adalah hasil rencana tindak lanjut dari pelatihan HEF batch II. Kader PAUD melaksanakan dengan salah satu sesinya adalah bermain “tebak ibu”. Dalam permainan ini, anak usia dini ditutup mata dan diarahkan untuk menebak wajah ibunya. Permainan ini dapat meningkatkan kelekatan antara anak usia dini dengan orang tua.

Dengan adanya keterlibatan, orang tua akan dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman dari guru dalam mendidik anak. Karena sekolah atau guru bukan hanya mengembangkan kecerdasan anak, juga mengembangkan kepribadian anak.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone