Anak Usia Dini Di Masa Mendatang

Ditulis oleh: Elsa Kartika Sari Sunarya (Mahasiswi Psikologi Universitas Padjajaran)
Narasumber: Puspita Adhi Kusuma Wijayanti, M.Psi, Psikolog

“Anak nantinya akan menjadi pribadi yang dewasa dan harus dapat bertanggungjawab baik atas dirinya sendiri, keluarga, lingkungan sekitar, bahkan bangsa dan negara” –Puspita Adhi Kusuma Wijayanti, M.Psi, Psikolog”

Seorang anak akan tumbuh menjadi individu dewasa dan akan bertanggungjawab pada diri sendiri, keluarga, lingkungan, bahkan bangsa dan negara. Bertanggungjawab dapat dikategorikan menjadi dua hal yaitu bertanggungjawab secara moril dan bertanggungjawab secara material. Berikut akan dipaparkan mengenai kategori bertanggungjawab berdasarkan wawancara yang dilakukan kepada Puspita Adhi Kusuma Wijayanti, M.Psi, Psikolog.
1. Bertanggungjawab secara moril
Bertanggungjawab secara moril yaitu bagaimana individu dapat memecahkan masalah yang terjadi pada diri sendiri, memecahkan masalah yang terdapat pada lingkungan, berkontribusi atau mempunyai ide untuk kemajuan dirinya sendiri dan lingkungan sekitar serta bagimana seseorang membina hubungan yang baik dengan masyarakat.

2. Bertanggungjawab secara material
Bertanggungjawab secara material yaitu bagaimana individu dapat mencapai kebebasan finasial di usia dewasa, yaitu mampu mencukupi kebutuhan dirinya sendiri. Bahkan akan lebih baik jika ia bisa membantu mencukupi kebutuhan orang lain yang ada di sekitarnya tanpa merepotkan dan merugikan orang lain.

Apabila kedua hal tanggungjawab tersebut tidak dapat dicapai oleh individu dewasa, bisa jadi disebabkan oleh pola perkembangan yang kurang sesuai ketika masa kanak-kanak. Sehingga penting bagi para orangtua, pengasuh, guru serta lingkungan di sekitar anak untuk mengenali dan memahami perkembangan anak usia dini.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone