Pelatihan Penguatan Kapasitas Tutor PAUD Batch 3 di Kecamatan Lembang

Tim HEF IBU telah melaksanakan pelatihan penguatan kapasitas tutor PAUD batch 3 di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung. Pelaksanaan pelatihan pada tanggal 24-27 April 2017 bertempat di PAUD Calakan, Lembang. Pelatihan di Kecamatan Lembang dibagi menjadi 2 gelombang dengan masing-masing gelombang dilaksanakan selama 2 hari. Total yang mengikuti pelatihan ini berjumlah 64 tutor PAUD.

Pada pelatihan batch 3 ini, peserta menerima materi mengenai metode praktis perencanaan dan penilaian kegiatan belajar mengajar dimana materi ini sama dengan yang telah diberikan di 2 kecamatan IBU yaitu Kecamatan Pasirjambu di Kabupaten Bandung dan Kecamatan Cisalak di Kabupaten Subang. Materi ini terbagi menjadi ke beberapa aspek materi yaitu teknis pembuatan Alat Peraga Edukasi (APE), format perencanaan, format penilaian, penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (KBM) di PAUD, dan Kurikulum 2013.

Peserta diberikan materi mengenai teknis pembuatan APE dengan membuat boneka jari. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kerja kelompok membuat APE tersebut. Setelah membuat boneka jari, peserta diarahkan untuk melakukan presentasi hasil kerja kelompok dengan mendongeng menggunakan boneka jari. Dongeng yang diberi adalah dari Buku dongeng “Dongeng Dari Gunung” yang dibuat oleh tutor PAUD Cianjur Selatan di project
pengembangan masyarakat melalui penguatan kesehatan dan pendidikan anak usia dini di Cianjur Selatan. Selanjutnya peserta diberikan materi mengenai penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di PAUD, format
perencanaan dan penilaian dengan basis Kurikulum 2013 PAUD. Pemateri pada sesi ini adalah Yuliza Maryati
dan Desmi Septiani.

 

Yuliza Maryati

 

 

 

Desmi Septiani

Pada tiap akhir sesi pelatihan di masing-masing gelombang, peserta membuat rencana tindak lanjut untuk pelaksanaan penerapan materi pelatihan batch 3 ini dan monitoring dan evaluasi oleh tim HEF.

 

Gelombang 1
Gelombang 2

 

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone