Pelatihan Penguatan Kapasitas Tutor PAUD HI di Kecamatan Cisalak Batch 4

Proyek pelatihan penguatan kapasitas tutor PAUD yang di dukung oleh Head Embassy of New Zealand Funding sampai pada Batch 4 dimana merupakan tahap terakhir dari rangkaian pelatihan ini. Pelatihan batch 4 pertama diadakan di Kecamatan Cisalak, Kabupaten Subang pada tanggal 18 dan 19 Mei 2017. Kegiatan pelatihan di dukung pula oleh HIMPAUDI (Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) dan IGTK (Ikatan Guru Taman Kanak-kanak) Kecamatan Cisalak. Pelatihan tahap batch 4 mengangkat topik landasan hukum pengembangan anak usia dini dan advokasi.

Pada awal sesi pelatihan, peserta diberikan materi mengenai landasan hukum pengembangan anak usia dini yang merupakan aspek penting dalam pengembangan anak usia dini berbasis Holistik Integratif (HI). Pada sesi ini, peserta dikenalkan dengan regulasi-regulasi terkait isu perlindungan anak. Pemateri melaksanakan diskusi dengan pemateri mengenai kasus yang terjadi di Kecamatan Cisalak terkait dengan isu perlindungan anak.

Sesi selanjutnya peserta diberikan materi mengenai dasar advokasi. Peserta diberi paparan mengenai struktur pemerintah di level desa, langkah-langkah advokasi, dan teknik dasar dalam pelaksanaan advokasi. Setelah peserta berdiskusi sesuai dengan gugus PAUD  untuk pemetaan masalah yang ada di Kecamatan Cisalak terkait pengembangan anak usia dini. Dari pemetaan tersebut peserta diminta untuk melakukan diskusi kelompok gugus PAUD kemudian membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) dan pemetaan stakeholder (pihak langsung) yang bersentuhan langsung dengan pengembangan anak usia dini. Di akhir sesi peserta melakukan simulasi berupa drama pelaksanaan advokasi kepada kepala desa untuk memberikan dukungan pada pengembangan anak usia dini.


Pelatihan batch 4 di Kecamatan Cisalak ini peserta menerima varian metode dalam tiap penyampaian materi. Seperti permainan, ceramah, diskusi partisipatif, kerja kelompok, dan gallery show. Kemudian untuk mempertahankan antusiasme peserta hingga akhir sesi pelatihan, peserta diberikan sesi ice breaking atau penyegaran dan games.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone