Pentingnya Cakupan Gizi Untuk Proses Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Disusun oleh: Rafi Ferdiyanto (Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Padjajaran)

Narasumber: Budi M Taftazani, S.Sos., MPSSp (Pakar Bidang Anak Dan Remaja)

Pertumbuhan dan perkembangan pada anak merupakan suatu perubahan yang berlangsung dengan bertambahnya struktur dan fungsi tubuh dengan aspek motorik kasar, motorik halus, bicara, bahasa serta sosialisasi, dan kemandirian.
Ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan anak antara lain, menimbulkan perubahan, berkolerasi dengan pertumbuhan, memiliki tahap yang berurutan dan mempunyai pola yang tetap meliputi perkembangan fisik, intelektual, bahasa, sosial-emosional. Perkembangan tersebut berlangsung dengan cepat dan sangat berpengaruh pada tahap perkembangan selanjutnya. Tidak semua anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan usianya dan banyak kendala di dalam proses tumbuh kembang yang disebabkan oleh beberapa faktor.
Dijelaskan oleh narasumber yang ahli dalam bidang anak dan remaja, Budi M Taftazani bahwa proses tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh kognitif serta kesehatan anak. Salah satunya mengenai asupan gizi yang seimbang dengan perkembangan kognitif anak karena gizi yang baik akan membantu perkembangan psikologis dan kognitif anak. Dengan itu kesehatan anak tergantung dengan asupan gizi yang di dapatkannya selama proses perkembangan dari umur 1-6 tahun.
Orang tua sangat berperan dalam pendampingan asupan makanan untuk anak. Pola makan yang baik dan teratur perlu diperkenalkan sejak dini, antara lain dengan pengenalan waktu makan dan variasi makanan yang mengandung zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air. Zat gizi ini diperlukan bagi anak sebagai zat tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur.
Seiring bertambahnya usia, berubah juga asupan gizi yang dibutuhkan sebagaimana anak yang terus tumbuh yang perlu penuhi kebutuhan gizi sesuai usianya.

(Editor: Iqbal Maulana)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone