Peran Guru PAUD dalam Pengembangan Anak Usia Dini

Pada kenyataannya, lebih dari 20.000 desa belum memiliki PAUD. Di banyak layanan, para guru mengajar dengan pembekalan sangat terbatas. Banyak lembaga PAUD belum bisa memenuhi standar nasional PAUD.

PAUD merupakan tempat anak usia dini untuk memperoleh pengalaman, pengetahuan, keterampilan sehingga anak akan mendapat bekal hidup kelak di lingkungan masyarakat luas. Anak usia dini pada hakikatnya membutuhkan bimbingan dan mendapatkan pendidikan dari orang dewasa.

Guru PAUD adalah penentu utama mutu layanan PAUD. Anak usia dini memerlukan pendidik PAUD yang berkompetensi-yang dapat menciptakan suasana belajar yang membantu kesiapan anak bersekolah dan memberikan stimulasi yang sesuai bagi perkembangan otak mereka di masa emas kehidupan.

PAUD serta gurunya berfungsi sebagai fasilitator pada proses perkembangan anak secara menyeluruh sehingga anak dapat berkembang secara optimal.  PAUD memberikan fasilitas terhadap perkembangan anak karena salah satu fungsi PAUD adalah sebagai tempat belajar dan bersosialisasi dengan sebayanya. Dalam hal ini anak dapat dengan leluasa mengekspresikan apa saja yang ada dalam pikirannya. Pendekatan semacam ini merupakan pendekatan yang efektif dan terbaik karena anak dapat berkembang secara utuh.

Dihimpun dan dikutip dari:

  1. Buku Informasi Umum Program PAUD Generasi Cerdas Desa
  2. Buku Ajar, Psikologi Perkembangan Anak (Dinie Ratri Desiningrum)
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone