Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak

Kepercayaan diri dapat meningkatkan rasa untuk mampu pada anak dalam belajar dan melakukan sesuatu. Kepercayaan diri dapat dimulai dari pemberian apresiasi apa yang telah diraih oleh anak atas usaha yang besar dan kecil. Pujian dari orang tua berarti motivasi bagi anak untuk lebih berusaha lagi dengan apa yang akan dicapai oleh anak.

Membangun kepercayaan diri dapat dimulai dari sangat awal. Orang tua dapat membantu dengan memberikan anak kesempatan untuk berlatih dan menguasai keterampilan anak sesuai tahapan perkembangan dengan membiarkannya membuat kesalahan dan terus mencoba. Misalnya ketika bayi belajar untuk membalik halaman buku atau balitapada saat belajar berjalan.

Bila anak merasa nyaman dengan dirinya, anak mampu mencapai kesuksesan dalam segala hal mulai dari sekolah hingga hubungan sosialnya. Perasaan positif seperti penerimaan diri atau kepercayaan diri membantu anak untuk mencoba tantangan baru dan memecahkan masalah dengan tidak mudah menyerah. Kebanggaan dalam diri anak dapat meningkatkan kemampuan anak untuk melakukan yang terbaik.

Sumber: http://kidshealth.org – Raising Confidence to Kids

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone