Pelatihan Pengelolaan Isu Simpan Pinjam Dana

Yayasan IBU membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUBE) sebagai sarana penyedia penambahan modal bagi pengembangan modal usaha PAP di desa-desa dampingan. Hingga saat ini KUBE terbentuk sebanyak 13 kelompok dan telah mampu mengakomodir kebutuhan dana tambahan modal PAP (People Affected by Project) dalam bentuk simpan pinjam.


Dalam perkembangan dan dinamikanya, KUBE mengalami isu salah satunya adalah muncul kekhawatiran dari pengurus KUBE. Pengurus khawatir jika proses pinjaman akan tidak lancar pada kelompok-kelompok yang mereka layani. Untuk mengatasi kekhawatiran tersebut, maka Tim Site IBU Subang mengadakan pelatihan penanganan isu pinjaman bagi Mitra Langsung/Pengurus KUBE.

Kegiatan pelatihan berlangsung dalam waktu 5 hari dengan pembagian kelompok desa dampingan. Kelompok pertama dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 Juli 2017 yaitu Desa Cimahi, Ciparungsari, Karangmukti, Sawangan, dan Wantilan. Tanggal 19-20 Juli 2017, Desa Caracas, Marengmang, Kaliangsana, Cisaga, dan Sukamelang. Kelompok terakhir dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2017 yaitu perwakilan Desa Jabong, Batusari, Balingbing, Ciruluk, dan Cidahu.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone