Penguatan Kapasitas Tutor PAUD Batch 4 di Kecamatan Lembang, Bandung (Gelombang 1)

Pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 26 dan 27 Juli 2017, IBU melaksanakan kegiatan pelatihan penguatan kapasitas tutor PAUD dari program yang didanai oleh Head Of New Zealand Embassy Funding (HEF) di Kecamatan Lembang, Bandung. Pelatihan ini merupakan batch 4 dimana batch terakhir dari program pelatihan di Kecamatan Lembang dengan pembagian 2 gelombang. Untuk Kecamatan Lembang dibagi menjadi 2 gelombang dikarenakan kuota tutor PAUD yang mengikuti pelatihan berjumlah 163 tutor PAUD. Selain tutor PAUD, kegiatan pelatihan ini didukung oleh HIMPAUDI (Perhimpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia) Kecamatan Lembang, Dinas Pendidikan Kecamatan Lembang, dan pengurus Kober Calakan Lembang.

Pemaparan Materi

Dalam materi pelatihan batch 4 ini IBU membawakan materi mengenai kebijakan perlindungan anak dan
advokasi. Pada sesi pertama IBU memberikan ceramah mengenai regulasi-regulasi yang berkaitan dengan
perlindungan anak usia dini. Kemudian peserta diarahkan untuk melaksanakan diskusi kelompok dan membahas tentang pengalaman kasus perlindungan anak yang kemudian dikaitkan dengan regulasi yang berlaku. Selanjutnya dalam kelompok yang sama peserta diminta untuk mendiskusikan isu yang terjadi di masing-masing PAUD terkait dengan pengembangan mutu pendidikan dan kesehatan anak usia dini. Setelah itu peserta menanggapi hasil diskusi masing-masing kelompok. Sesi dilanjutkan dengan materi advokasi dengan pemberian pengetahuan tentang langkah-langkah, stakeholder, dan teknik dalam pelaksanaan advokasi. Kemudian peserta membuat pemetaan stakeholder dan rencana strategis dalam pelaksanaan advokasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kesehatan anak usia dini. Sesi materi advokasi ditutup dengan simulasi dan drama pelaksanaan advokasi oleh masing-masing kelompok.

Simulasi Pelaksanaan Advokas

Setelah pelaksanaan pelatihan, IBU memberikan lembar evaluasi kepada peserta. Form evaluasi tersebut mengenai penilaian terhadap kualitas pelayanan IBU dalam pelaksanaan pelatihan selama 4 batch. Setelah sesi evaluasi, pelatihan ditutup dengan rencana monitoring dan foto bersama.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone