Pelatihan Batch 4 Penguatan Kapasitas Tutor PAUD HI di Kecamatan Pasirjambu, Bandung

Pada tanggal 2 dan 3 Agustus 2017 IBU melaksanakan kegiatan pelatihan batch 4 di Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung dimana kecamatan terakhir dalam program pelaksanaan pelatihan penguatan kapasitas tutor yang didanai oleh Head of Embassy Funding New Zealand. Pelatihan pun tidak terlepas pula dari dukungan HIMPAUDI Kecamatan Pasirjambu dan Dinas Pendidikan Kecamatan Pasirjambu dan Kabupaten Bandung.

Pemberian materi

Seperti di 2 kecamatan sebelumnya, topik yang diberikan kepada peserta pelatihan di Kecamatan Pasirjambu adalah mengenai kebijakan perlindungan anak dan advokasi. Peserta diberikan materi mengenai kebijakan dan hak anak yang terkandung dalam regulasi seperti undang-undang dan peraturan menteri yang mendukung pengembangan anak usia dini secara holistik dan integratif. Setelah itu, peserta diminta untuk melakukan pemetaan isu terkait pengembangan anak usia dini yang terjadi di masing-masing desa. Kemudian peserta menerima materi mengenai advokasi. Selain pengenalan advokasi, di sesi tersebut peserta melakukan pemetaan stakeholder yang terdapat di Kecamatan Pasirjambu dan setelahnya membuat rencana tindak lanjut untuk melaksanakan advokasi. Di akhir pemberian materi, peserta melakukan sesi simulasi pelaksanaan advokasi. Hal tersebut agar peserta mendapat gambaran dalam melaksanakan advokasi dengan stakeholder terkait isu dalam pengembangan anak usia dini di masing-masing desa di Kecamatan Pasirjambu.

Simulasi pelaksanaan advokasi

Sesi pelatihan di Kecamatan Pasirjambu ini terdiri dari metode pemberian materi, yaitu ceramah, diskusi kelompok, diskusi partisipatif, permainan, dan simulasi.

Foto bersama
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone