Bermain di Alam Yuk!

Mengajak anak usia dini untuk bermain dengan lingkungan sekitarnya diperlukan agar pengetahuan anak usia dini terhadap lingkungan bertambah. Kegiatan bermain di alam akan mendorong semangat anak untuk peka dengan apa yang dilihat di alam sekitarnya. Pengenalan alam sekitar memberikan manfaat yang cukup besar bagi tumbuhan dan kembang emosional pada anak.

Nilai-nilai yang terkandung pada lingkungan dapat digunakan sebagai media bermain anak usia dini. Lingkungan yang ada disekitar anak merupakan salah satu sarana belajar yang dapat di optimalkan untuk pencapaian proses dan hasil tumbuh dan kembang yang berkualitas bagi anak. Lingkungan menyediakan berbagai hal yang dapat dipelajari.
Jumlah sumber daya yang digunakan untuk bermain tersedia di lingkungan dengan kapasitas yang tidak terbatas.
Dengan sumber media belajar yang tidak terbatas anak juga dapat mengoptimalkan potensi panca indranya
untuk berinteraksi dengan lingkungan.

Untuk itu ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dengan anak dengan alam sebagai media bermain anak.

1. Mencampur playdough dengan tumbuhan yang dapat menghasilkan warna alami
Dalam permainan ini, anak dapat bermain dengan playdough yang dapat merangsang sensorik pada tangan. Selain
itu dengan beragam warna yang bisa dicampur dan didapat berasal dari daun yang berwarna hijau, warna jingga dari kunyit, bunga lavender dengan warna ungu, dan warna merah yang didapat dari bunga mawar. Dengan penambahan warna tersebut anak mendapat pembelajaran dalam pengenalan varian warna.

2. Bermain tanah
Selain bermanfaat sebagai media pengembangan kognitif pada anak, bermain tanah akan menciptakan kenangan indah dengan alam dan membuat mereka belajar melindunginya hingga dewasa.

3. Bermain
Bermain di alam merupakan salah satu cara pereda stres yang ampuh bagi anak dan Anda sendiri. Kadang perubahan pemandangan dan penempatan kondisi lingkungan dapat mengatasi rasa bosan pada anak. Selain itu anak mampu meningkatkan motorik kasar dengan berjalan, memanjat, meluncur, berayun pada pohon, dan segala macam kegiatan yang mengajarkan keterampilan motorik.

4. Berolahraga
Anak dapat bermain sambil berolahraga di alam terbuka. Dengan olahraga di ruang terbuka anak mendapatkan udara yang lebih segar serta asupan oksigen yang lebih banyak dari kadar oksigen lebih tinggi yang dihasilkan dari tumbuhan di sekitar. Dari hal tersebut anak akan menjadi lebih rileks dan sehat

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone