Komunikasi Efektif Antara Anak Dengan Orangtua

Komunikasi dibutuhkan dalam hubungan orangtua dan anak, dimulai dari sejak dini hingga dewasa. Membangun komunikasi dengan anak sejak dini dapat mengembangkan kepercayaan diri anak, meningkatkan konsep diri, membuat anak merasa lebih berharga, dan melatih anak dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Mendengarkan dan berbicara adalah kunci sederhana untuk berkomunikasi antara orangtua dengan anak karena hubungan keduanya memiliki pengaruh besar pada sebagian besar aspek perkembangan anak. Komunikasi dua arah menjadi keharusan yang terjadi antara anak dengan orangtua. Orangtua yang mendengarkan saat anaknya mengungkapkan sesuatu akan menjadi komunikasi yang efektif.

Tetapkan Waktu
Perhatikan waktu anak ingin mengobrol, misal saat menjelang tidur, sebelum makan, dan sepulang sekolah.

Tidak hanya orangtua yang berbicara
Jika anak sedang ingin mengungkapkan sesuatu, berilah kesempatan untuk mendengarkannya dengan menghentikan sementara apapun yang sedang dilakukan orangtua. Selain itu berikan kesempatan untuk bertanya dan mengungkapkan ide atau gagasan dari anak.

Melatih anak mendengarkan
Anak perlu dilatih untuk mendengarkan misal jika sedang berkomunikasi dengan orang disekitarnya agar anak dapat menghargai pendapat dari teman sebayanya atau orang disekitarnya.

Sumber: apa.org (American Psychological Association)

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone