Pelatihan Kader Perencana Kota Cimahi 2017

Pemerintah daerah, termasuk Pemerintah Kota Cimahi, memiliki kewajiban untuk melakukan kegiatan pembangunan yang terencana dalam upaya menuju perkembangan masyarakat dan daerah yang lebih baik.

Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Cimahi kembali bekerja sama dengan IBU Foundation dalam melaksanakan pelatihan kader perencana 2017. Kegiatan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 2-3 November 2017 bertempat di Hotel Endah Parahyangan dan Aula Kantor Pemerintah Kota Cimahi. Kegiatan pelatihan dihadiri pula oleh Walikota Cimahi, Ajay M. Priatna, dalam rangka mendukung dan membuka kegiatan pelatihan kader perencana ini.

Pembukaan Kegiatan oleh Walikota Cimahi

Peserta yang mengikuti pelatihan merupakan perwakilan dari masing-masing RW di 15 kelurahan Kota Cimahi. Peserta terdiri dari kader perencana yang telah mendapatkan pelatihan tahun lalu dan peserta yang belum sama sekali mendapatkan pelatihan mengenai perencanaan dan pembangunan.

Simulasi perancangan RAB

Pada pelatihan kader perencana tahun ini, IBU Foundation memberikan materi mengenai review tahapan dalam perencanaan pembangunan daerah. Dalam sesi tersebut sesama peserta diarahkan untuk bekerja sama dalam memberikan pengetahuannya terkait materi. Sesi dilanjutkan dengan materi mengenai teknik fasilitasi yang mengarahkan peserta mensimulasikan pelaksanaan musrenbang di masing-masing kelompok kelurahan.
Sesi kemudian dilanjutkan dengan materi mengenai tahapan logika dasar, dimana pada sesi ini diharapkan peserta mampu dalam memetakan masalah yang dialami secara bertahap di masing-masing kelurahan. Selanjutnya peserta diberikan materi mengenai pembuatan RAB yang mendetail dalam sebuah perencanaan pembangunan. Kegiatan pelatihan ditutup oleh Wakil Walikota Cimahi, Ngatiyana.

Tim fasilitator IBU bersama Bappeda
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone