Testimoni: Perspektif Baru dalam Mengelola Lembaga Pelayanan Sosial

Ali Al-Ridho

Mahasiswa Jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Padjajaran

Selama tiga hari sejak tanggal 8-10 November, saya dan rekan-rekan mendapatkan banyak hal dan Ilmu selama melakukan praktikum khususnya saat tiga hari berturut-turut mengikuti konsolidasi dengan kepala desa untuk mendiskusikan keberlanjutan program Security Livelihood Protection atau yang lebih dikenal dengan PAP sebagai penerimaa manfaatnya.

Hal ini menunjukkan kepada saya akan pentingnya untuk menjaga mata pencaharian masyarakat yang terdampak oleh project jalan tol yang mengharuskan tanah/sawah mereka tergusur oleh project tersebut. Saya tersadarkan akan pentingnya peran NGO lokal/nasional seperti IBU Foundation untuk merawat masyarakat dan melindungi masyarakat dari dampak-dampak negatif pembangunan, salah satunya melalui KUBE yaitu Kelompok Usaha Bersama IBU.

Kami juga sempat untuk membantu proses packing kue kering hasil produksi dari masyarakat yang akan dipasarkan di rest area dan beberapa daerah lainnya.

Selain itu juga saya mendapatkan pelajaran berupa kekompakan para staff site Subang yang menurut saya sangat kuat dan profesional dalam mengatur dan mengelola sumber daya manusia yang ada untuk menjalankan project yang dijalankan cukup banyak.

Last but not least, selama tiga hari praktikum bersama IBU Foundation telah memberikan perspektif baru dalam mengelola lembaga pelayanan sosial yang memiliki manfaat luar biasa bagi daerah yang diintervensi

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone