Aspek Pola Asuh Orang Tua

Naya Defisa

Mahasiswi Jurusan Kesejahteraan Sosial Universitas Padjajaran

Banyak orang mengatakan bahwa anak adalah cerminan dari kedua orang tuanya. Bagaimana seorang anak bertingkah laku, itu merupakan cerminan dari bagaimana orangtua juga berperilaku. Sejatinya, orang tua tentunya selalu ingin memberikan yang terbaik bagi buah hatinya.

Ada beberapa situasi dimana seorang anak yang dilahirkan di keluarga yang cenderung diam justru melahirkan anak-anak yang cukup vokal di lingkungannya, hal ini dapat terjadi karena sang anak sudah mengerti bahwa komunikasi yang baik sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Baumrind (dalam Damon & Lerner, 2006) pola asuh terbagi beberapa aspek, yaitu:

a. Warmth
Orang tua menunjukkan kasih sayang kepada anak, adanya keterlibatan emosi antara orang tua dan anak serta menyediakan waktu bersama anak. Orang tua membantu anak untuk mengidentifikasi dan membedakan situasi ketika memberikan atau mengajarkan perilaku yang tepat

b. Control
Orang tua menerapkan cara berdisiplin kepada anak, memberikan beberapa tuntutan atau aturan serta mengontrol aktifitas anak, menyediakan beberapa standar yang dijalankan atau dilakukan secara konsisten, berkomunikasi satu arah dan percaya bahwa perilaku anak dipengaruhi oleh kedisiplinan.

c. Communication
Orang tua menjelaskan kepada anak mengenai standar atau aturan serta pemberian reward atau punish yang dilakukan kepada anak. Orang tua juga mendorong anak untuk bertanya jika anak tidak memahami atau setuju dengan standar atau aturan tersebut

Pada dasarnya, inti dari pola asuh adalah terciptanya komunikasi yang baik di antara orang tua dan anak. Jangan sampai seorang anak berpikir bahwa orang tua hanya mementingkan kepentingan mereka saja dikarenakan kurang terjalinnya komunikasi yang baik antar satu dengan yang lainnya.

Sumber referensi:
Damon, D., & Learner, R.M. (2006). Handbook of child psychology. Sixth edition. Canada : John Wliley & Son

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone