Testimoni: Pengalaman Berkunjung ke Proyek IBU Site Subang

Femil Umeidini

Mahasiswi Kesejahteraan Sosial Universitas Padjajaran

Waktu nyampe disana (Proyek IBU site Subang) kita disambut oleh akang teteh yang ada disana trs perkenalan dan nanya2 kegiatannya disana ngapain aja. terus kita tuh diajak ke Desa untuk konsolidasi tentang program IBU yang ada di desa-desa (Batusari, Kaliangsana, Balimbing). disana kita ke kantor kepala desanya untuk mendiskusikan program IBU kalau sudah saatnya berakhir inginnya warga desa tersebut mandiri dan tetap terus menjalankan programnya meski tidak lagi di bimbing oleh IBU.

Nah setelah itu kita kembali ke kantor, kita bantu-bantu bungkusin bibit tanaman sayur ada tomat, kacang panjang, kangkung dsb.

Terus waktu itu kita juga ngecek produk-produk yang udah disebar ke rumah makan, rest area dan warung-warung tapi ga semuanya ikut hanya aku, dita dan naya produknya itu ada opak, kembang goyang, kripik pisang, rangginang. setelah itu juga kita menyempatkan menyambangi rumah ibu asmi pembuat opak.

Nah terus kita juga ngecek koprasi simpan pinjam desa dan kebetulan sedang gel ke2 dan membagi-bagikan uang yang mereka pinjam, tapi ada beberapa permasalahan disitu ada warga yang tidak diberi pinjaman sesuai kebutuhan karena mereka kurang bagus dalam mengembalikan/menyicilnya suka nunggak. Secara keseluruhan seperti itu kurang lebihnya. Jadi ada ke beberapa desa yang untuk mengontrol simpan pinjam dan koperasi ada juga ke desa untuk ngobrol sama bapak kades nya untuk kemandirian program dan juga kita mengecek ke outlet untuk menyimpan produk makanan tersebut.. selebihnya seru jalan-jalan ke desa mulu liat pemandangan yang asri dan becanda-becanda sama akang tetehnya juga friendly banget apalagi aku anaknya cerewetkan.. alhamdulillah banyak pengalamannya.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone