Pelatihan Member CHRT Mengenai SPHERE dan PFA

SCORP (Standing Committee on Human Rights and Peace) merupakan salah satu dari enam standing committee CIMSA (Center for Indonesian Medical Students’ Activities) yang bergerak pada bidang hak asasi manusia dan perdamaian. SCORP-CIMSA memfasilitasi member-member CIMSA yang memiliki ketertarikan dan keinginan untuk mengetahui isu-isu yang berhubungan dengan hak asasi manusia dan perdamaian di Indonesia maupun di negara lainnya.

CHRT (CIMSA’s Humanitarian Response Team) adalah sebuah tim yang terdiri atas member-member CIMSA yang telah terbekali untuk melakukan aksi kemanusiaan yang terstandardisasi dan bertugas membimbing CIMSA lokalnya untuk memberikan bantuan kemanusiaan langsung kepada korban bencana sebagai penyalur bantuan dari CIMSA se-Indonesia.

Peserta yang memilih mengikuti pelatihan CHRT belajar baik teori dan praktik dari trainer eksternal CIMSA yaitu IBU Foundation. Peserta diberikan pengetahuan mengenai pengenalan kebencanaan, penanggulangan pasca-bencana berdasarkan Sphere kemudian teknik pemberian pertolongan psikososial terhadap penyintas bencana yaitu Psychological First Aid (PFA). IBU memberikan pelatihan kepada member CHRT selama 2 hari pada tanggal 8-9 Desember 2017 bertempat di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat.