Kampanye Akses dan Keterlibatan Perempuan dalam Penanggulangan Bencana

Pada hari Minggu tanggal 25 Februari 2018 dilaksanakan di Car Free Day (CFD) Bundaran Hotel Indonesia (HI) Jakarta, PLAN International Indonesia dengan pendanaan dari Australian Aid bersama IBU Foundation, Yayasan Kausa Resiliensi Indonesia (YKRI), dan REBANA mengadakan kampanye edukasi penyadaran publik mengenai “Akses dan Keterlibatan Perempuan dalam Penanggulangan Bencana”. Kegiatan ini didukung pula oleh Jakarta Berketahanan, Wahana Visi Indonesia, Save the Children, Indonesian Youth on Disaster Risk Reduction (IYDRR), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta.

Peliputan media

Acara berlangsung cukup meriah dengan pelibatan penuh oleh youth (orang muda) khususnya perempuan dan Duta Perempuan Muda Siaga Bencana dalam penyampaian informasi kepada masyarakat yang hadir di CFD. Kawan-kawan yang turut memeriahkan sepanjang jalan CFD tersebut menyampaikan 6 jenis informasi terkait dengan tujuan kampanye yaitu, bencana kebakaran, angin puting beliung, gempa bumi, banjir, kerentanan, dan kapasitas. Penyampaian dilakukan juga secara partisipatif dengan diadakannya kuis dan bagi yang menjawab dengan tepat diberikan hadiah.

Deklarasi dari youth dan mitra proyek Youth in Action on Urban Resilience

Kampanye ini merupakan rangkaian awal kegiatan dari edukasi penyadaran “Akses dan Keterlibatan Perempuan dalam Penanggulangan Bencana” dengan tujuan menghapus nilai-nilai budaya dan norma-norma sosial yang merugikan kepada perempuan pada saat bencana dan meningkatkan keterlibatan dan kepemimpinan perempuan dalam penanggulangan bencana.

DSCF3455_600x338 DSCF3355_600x338

DSCF3376_600x450 DSCF3423_600x338