Pelatihan Pengelola Program Gizi di Tingkat Provinsi Mengenai Program Integrasi Zat Gizi Mikro

Direktorat Gizi Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia bersama Nutrition International pada tahun 2017 telah melaksanakan pertemuan advokasi dengan pengelola program gizi tingkat provinsi dan kabupaten/kota di 5 provinsi (Jambi, Jawa Tengah, Bangka Belitung, Kalimantan Barat dan Sulawesi Selatan). Dalam pertemuan advokasi tersebut, pembelajaran, kunci keberhasilan dan tantangan dalam penggunaan PMKDR atau Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin dalam meningkatkan manajemen dan kualitas data program Vitamin A terintegrasi dalam meningkatkan dan mempertahankan tingginya cakupan suplementasi vitamin A di 6 provinsi dampingan Nutrition International telah disampaikan.

Selanjutnya, Nutrition International bersama IBU Foundation melaksanakan pelatihan kepada pengelola program gizi di 34 provinsi di Indonesia pada tanggal 26-28 Maret 2018 bertempat di Puri Denpasar, Jakarta.

Pelatihan tersebut untuk memperkuat komitmen pelaksanaan program gizi mikro yang terintegrasi dengan program terkait lainnya serta meningkatkan pencatatan dan pelaporan bagi pengelola program gizi di tingkat provinsi yang selanjutnya diharapkan dapat diteruskan kepada pengelola program di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota sampai dengan tingkat Puskesmas dengan dana daerah setempat (anggaran provinsi/kabupaten/Puskesmas).

“This work was carried out with the aid of a grant from the Nutrition International, Ottawa, Canada through the financial assistance of the Government of Canada through Global Affairs Canada and other generous donors.”

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone