Diskusi Musikal Aksi Kreatif Orang Muda dalam Membangun Ketahanan Kota yang Berpusat pada Anak dan Orang Muda

IBU Foundation selaku salah satu mitra dari Proyek Ketahanan Kota Plan International dan didanai oleh Australian Aid telah melaksanakan Diskusi Musikal Aksi Kreatif Orang Muda dalam Ketahanan Kota yang Berpusat pada Anak dan Orang Muda. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Menza Jakarta pada tanggal 25 Mei 2017. Selain IBU Foundation, mitra proyek lain terlibat pula dalam kegiatan, yaitu Yayasan Kausa Resiliensi Indonesia, Rebana, dan Youth Ambassador.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk memamerkan produk-produk yang sudah dibuat oleh youth dampingan Proyek Ketahanan Kota di empat kelurahan yaitu, Kelurahan Pinangsia, Klender, Duri Utara, dan Krendang. Pameran produk dibagi menjadi 4 stan dengan produk unggulan dari masing-masing kelurahan. Produk tersebut dipamerkan kepada tamu undangan yang terdiri dari pemangku kepentingan proyek seperti aparat pemerintah daerah Provinsi DKI Jakarta, NGO, dan media. Acara diiringi oleh penampilan musik dari Sisters In Danger, Alush, dan Defili.

Di akhir acara, salah satu penampil yaitu Sisters In Danger menampilkan diskusi musikal. Sisters In Danger mengedukasi tamu undangan mengenai beragam fenomena bencana alam dan sosial yang terjadi di kawasan urban. Fenomena tersebut didapatkan dari data yang valid dan sudah dihimpun oleh Sisters In Danger. Bukan namanya diskusi musikal jika tidak diiringi dengan musik. Diskusi tersebut diselingi oleh lagu yang memiliki tema yang sama dengan tema diskusi. Salah satunya pembahasan mengenai kekerasan seksual terhadap perempuan. Setelahnya, Sisters In Danger menampilkan lagu berjudul 16 Oranges yang dibuat oleh Sisters In Danger sendiri dengan tema mengenai pemberdayaan perempuan terhadap kekerasan seksual.