Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri untuk Pelatih Tingkat Provinsi

Nutrition International (NI) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI sedang melaksanakan Program MITRA Youth (Micronutrient Suplementation for Reducing Mortality and Morbidity in Indonesia-Youth) atau Asistensi Teknis terkait Program Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri melalui Pendidikan Gizi dan Suplementasi tablet Tambah Darah (TTD) di dua puluh (20) kabupaten terpilih di dua (2) provinsi di Indonesia, yaitu Provinsi Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur. Program ini didanai oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia.

Melalui program ini, NI mendukung peningkatan kapasitas lintas sektor terkait dalam implementasi Program Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri di tingkat SMA sederajat. Salah satu kegiatan yang didukung oleh NI adalah pelatihan secara berjenjang dari tingkat provinsi, kabupaten, sekolah dan puskesmas untuk meningkatkan kapasitas dari masing-masing pihak terkait. Topik-topik pembahasan dalam kegiatan pelatihan ini antara lain perencanaan, pencatatan dan pelaporan, konseling, gizi seimbang, air, sanitasi dan kebersihan personal serta pemantauan dan supervisi.

Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri untuk Pelatih Tingkat Provinsi bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para pelatih tingkat provinsi dalam memfasilitasi pelatihan program Pencegahan dan Penanggulangan Anemia pada Remaja Putri tingkat kabupaten.

NI mengadakan pelatihan ini bekerja sama dengan IBU Foundation. Pelatihan dilaksanakan 30- 31 Mei dan 1 – 2 Juni 2018 bertempat di Grand Pasundan Hotel Bandung.

“This work was carried out with the aid of a grant from the Nutrition International, Ottawa, Canada through the financial assistance of the Government of Canada through Global Affairs Canada and other generous donors.”