Community Meeting Program Skill To Succeed

Yayasan Sayangi Tunas Cilik bersama Yayasan IBU mengembangkan program pemberdayaan bagi anak muda melalui program Skills to Succeed yang didukung oleh Accenture melalui Global Grant tahap 5 (GG5) tahun 2018-2020, yang merupakan kelanjutan dari pelaksanaan Program Skills To Succeed periode GG4 sebelumnya. Skills To Succeed merupakan bagian dari strategi Yayasan Sayangi Tunas Cilik dalam mendukung “transisi” memasuki dunia kerja bagi anak muda dari kelompok yang kurang beruntung melalui peningkatan kecakapan kerja (employability skills), pelatihan keterampilan kerja dan membangun kewirausahaan di kalangan anak muda.

Untuk mencapai tujuan meningkatkan kapasitas dan peluang remaja dan anak muda yang kurang beruntung agar memiliki kondisi hidup yang lebih baik melalui keterampilan kerja, kesempatan kerja, dan atau bekerja mandiri, dengan strategi yang ingin dibangun adalah:

1. Memberikan kesempatan bagi anak muda untuk bisa masuk ke pasar kerja melalui peningkatan keterampilan kerja dan kewirausahaan

2. Meningkatkan kapasitas lembaga pendidikan dan pelatihan keterampilan dalam memberikan dukungan kesiapan kerja bagi anak muda

3. Membangun kemitraan yang keberlanjutan di tingkat kota/kabupaten untuk mendukung isu tenaga kerja muda

Pada Juli dan Agustus 2018, Yayasan IBU melaksanakan kegiatan community meeting di desa dampingan yaitu Desa Balingbing, Ciruluk, Jabong, Batusari, Marengmang, dan Kaliangsana, Kabupaten Subang yang difasilitasi oleh fasilitator di masing-masing desa. Kegiatan community meeting ini diadakan di masing-masing desa dengan mengundang tokoh-tokoh terkait seperti, Karang Taruna, pemerintah desa, kelompok usaha, komunitas anak muda, LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan), kader dan mitra langsung Yayasan IBU.

Dengan kegiatan ini, Yayasan IBU mensosialisasikan Program Skill To Succeed yang akan dilaksanakan di desa dampingan meliputi pengenalan tujuan yang ingin dicapai, terget, penerima manfaat, durasi program, serta tindak lanjut yang diharapkan dapat dilaksanakan setelah program berakhir.