Pengelolaan Stres untuk Ibu yang Berkarier

Ketika wanita yang telah berkeluarga memilih untuk bekerja, tidak akan terlepas dari tugas-tugas domestik sebagai ibu dan istri. Mereka memiliki beberapa peran yaitu sebagai ibu, istri, dan wanita karier. Sehingga, mau tidak mau harus memiliki tenaga dan waktu ekstra agar dapat menjalani perannya.

Urusan mendidik anak serta mengurus rumah tangga tentu tetap menjadi tanggung jawab. Sedangkan di luar rumah, wanita karier dituntut untuk menunjukan performa kerja yang baik. Kondisi tersebut tidak jarang menimbulkan konflik yang jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan stres. Berikut beberapa tips cara sederhana dalam mengelola stress untuk wanita karier.

1. Selalu Berkata Positif

Tahanlah diri untuk berkata negatif seperti “Hari ini hari yang sangat melelahkan, aku capek”. Namun cobalah untuk memotivasi diri sendiri dengan kata-kata positif seperti “Kamu pasti bisa menyelesaikan semua tugas ini”. Karena perkataan positif akan mengubah persepsi sehingga menimbulkan optimisme serta emosi yang positif.

2. Relaksasi

Ketika mulai stress, cobalah untuk meregangkan otot serta mengambil nafas yang dalam untuk mencapai kondisi relaks. Kondisi yang relaks akan membersihkan pikiran dan mengurangi kekhawatiran. Meditasi atau melakukan aktivitas keagamaan seperti berdoa juga dapat membantu mencapai kondisi relaks.

3. Kelola Rencana Harian

Seringkali stres bukan berasal dari banyaknya tugas yang harus dikerjakan, namun perencanaan tugas yang buruk misalnya dalam menentukan skala prioritas. Dampaknya, tugas-tugas tersebut tidak dapat dikerjakan dengan baik. Merencanakan kembali target harian dan menulisnya dapat mengurangi beban pikiran karena memudahkan pengerjaan tugas-tugas tersebut.

4. Bersyukur

Jangan lupa bersyukur. Karena dengan bersyukur artinya sudah memaafkan diri sendiri serta lingkungan yang menyebabkan stres. Hal tersebut menghilangkan perasaan negatif yang membuat seseorang menjadi tertekan. Selain itu, berdasarkan positive psychology bersyukur juga dapat meningkatkan kebahagiaan.

Sumber:
Taylor, Shelley E. 2009. Health Psychology 7th edition. New York : McGraw-Hill.
www.apa.org/helpcenter/manage-stress
Poduval, Jayita; Poduval, Murali. 2008. Working Mothers: How Much Working, How Much Mother, and Where is The Womanhood. Mens Sana Monographs
Rosita, Sry. 2012. Pengaruh konflik peran ganda dan stress kerja terhadap kinerja dosen wanita di Fakultas Ekonomi Universitas Jambi. Jurnal Manajemen Bisnis.