Pelatihan Entrepreneurship dan Soft Skill Bagi Orang Muda

Yayasan Sayangi Tunas Cilik bersama Yayasan IBU mengembangkan program pemberdayaan bagi anak muda melalui Program Skills to Succeed yang didukung oleh Accenture melalui Global Grant tahap 5 (GG5) tahun 2018-2020, yang merupakan kelanjutan dari pelaksanaan Program Skills to Succeed periode GG4 sebelumnya.

Untuk mencapai tujuan meningkatkan kapasitas dan peluang remaja dan anak muda yang kurang beruntung  agar memiliki kondisi hidup yang lebih baik melalui keterampilan kerja, kesempatan kerja, dan atau bekerja mandiri, IBU bersama Yayasan Sayangi Tunas Cilik mengadakan Pelatihan Entrepreneurship bagi penerima manfaat di 6 desa dampingan di Kabupaten Subang. Kegiatan tersebut ditujukan untuk membantu peserta menilai kesiapan diri serta meningkatkan pengetahuan teknis, kesiapan mental dan komitmen untuk berwirausaha. Pelatihan ini berkolaborasi dengan praktisi usaha, orang yang memiliki keahlian dalam kewirausahaan (akademisi/motivator kewirausahaan), dan komunitas wirausaha.

Selain Pelatihan Entrepreneurship, IBU melaksanakan Pelatihan Softskill kesiapan kerja. Pelatihan tersebut untuk meningkatan kapasitas orang muda dalam mengelola diri, berinteraksi dengan lingkungan sosial, dan mencari kerja atau memulai usaha yang sesuai dengan potensi diri dan peluang yang ada. Pelatihan ini pun untuk mempersiapkan keterampilan non teknis orang muda di desa dampingan dalam bekerja dan wirausaha di luar keterampilan vokasi atau teknis. Pelatihan Softskill merupakan dasar penilaian minat, bakat dan pembuatan rencana pelatihan berikutnya, seperti pelatihan wirausaha, pelatihan vokasi/teknis/hardskill dan/atau praktik kerja di pelaku usaha setempat.