Pelatihan Kader Perencana Tingkat RW di Kota Cimahi

Perwakilan Walikota Cimahi, Bapak Asisten 3, H. Tata Wikanta, SH, M.Si 

Salah satu pendekatan dalam penyusunan rencana pembangunan kota yang melibatkan partisipasi masyarakat adalah pendekatan partisipatif, yang biasa dilakukan melalui musrenbang. Kota Cimahi, proses musrenbang dimulai dari tingkat RW yang bisa disebut dengan Forum RW, kemudian meningkat ke Musrenbang Kelurahan, Kecamatan hingga Musrenbang tingkat Kota.

Badan Perencana dan Pembangunan Kota Cimahi bekerja sama kembali dengan IBU Foundation dalam melaksanakan pelatihan kader perencana Kota Cimahi pada tanggal 17-18 Desember 2018 bertempat di Hotel Endah Parahyangan, Cimahi. IBU Foundation memberikan pembekalan pada kader perencana dari 15 Kelurahan di Kota Cimahi. Tahun ini, untuk meningkatkan keterampilan para kader perencana, IBU Foundation melakukan pendampingan kembali melalui kegiatan pelatihan penyegaran kader perencana pembangunan Kota Cimahi.

Simulasi dalam Memfasilitasi Rembuk Warga Tahunan dengan alat yang diberikan oleh Bappeda

Pembekalan yang diberikan yaitu pendalaman teknik fasilitasi kelompok, pengenalan logika dasar perencanaan, dan pengenalan RAB (Rencana Anggaran Belanja) tingkat RW. Materi disesuaikan dengan hasil kajian kebutuhan dari pelatihan dan pendampingan tahun sebelumnya, dan kebutuhan yang muncul terkait rencana pembangunan Kota Cimahi untuk di tahun 2019.