Hamil Muda, Apa yang Harus Saya Makan?

Pada masa kehamilan, terlebih saat usia kehamilan 1-3 bulan pertama atau disebut dengan Trimester 1, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh ibu hamil namun masih sering terabaikan. Salah satu hal penting yang perlu menjadi perhatian ibu hamil adalah tentang kebutuhan nutrisi.

Pada Trimester 1 terjadi pembentukan organ tubuh janin (organogenesis). Sehingga pada masa ini ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan hati-hati dan sesuai aturan bidan atau dokter. Ada beberapa minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh yang harus dikurangi, diperbolehkan mengkonsumsi kurang dari 200 mg per hari karena menurut penelitian terdapat hubungan antara mengkonsumsi kafein secara berlebihan dan kemungkinan resiko keguguran.

Sementara itu, Ibu hamil dianjurkan sekali untuk minum asam folat (Vitamin B9), yang berguna untuk mengurangi resiko cacat lahir dan kelainan tulang belakang (spina bifida). Meskipun demikian, tidak ada yang bisa mengalahkan kandungan pada makanan segar. Asupan tambahan asam folat secara prenatal juga dianjurkan dengan catatan harus di sesuaikan dengan kondisi masing-masing ibu hamil.

Kebutuhan ibu hamil meliputi lima nutrisi utama, yaitu; asam folat, kalsium, zat besi, zinc, dan serat. Untuk memenuhinya, ibu bisa mengkonsumsi sayur-sayuran seperti bayam, asparagus, brokoli, kubis, sawi hijau, lobak hijau, selada, kemudian buah-buahan seperti alpukat, buah bit, jus jeruk, jus tomat, pepaya, pisang, kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang kedelai, kacang merah, kacang hijau, kacang polong, kacang tanah dan hati sapi. Kebutuhan asam folat ibu hamil yaitu 400-600 microgram selama kehamilan pada Trimester 1 setiap harinya.

Pada masa pembentukan organ tubuh, asupan asam lemak omega-3 juga dibutuhkan untuk mendukung perkembangan otak dan saraf bayi sebelum kelahiran. Ibu hamil dapat menemukannya pada minyak ikan, kedelai, dan ikan salmon.

Lalu, haruskah minum susu ibu hamil? Tidak, minum susu tidak wajib bagi ibu hamil, asalkan kebutuhan lima nutrisi utama tersebut sudah terpenuhi dari makanan dan vitamin prenatal. Jadi tidak perlu khawatir ibu yang tidak suka dengan susu atau mual ketika mencium bau susu, boleh makan-makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.


During pregnancy, especially during the first trimester (1 to 3 months), there are several important things that pregnant women should considered but are still often overlooked. The nutritional needs are part of them.

During the first trimester of pregnancy, the fetal organs are formed. Therefore, the pregnant women should be careful with what they eat and drink and follow doctor’s and midwife’s advice. The consumption of caffeine drinks, such as coffee and tea, should be reduced to less than 200 mg per day. Indeed, according to a research, there is a strong causal link between excessive caffeine consumption and miscarriage.

Meanwhile, pregnant women are urged to consume folic acid (B9 Vitamin), which reduces the risk of birth defects and spinal disorders (spina bifida). However, nothing is better than fresh food that naturally contains folic acid. Prenatal acid folic supplements are recommended, but they must be adjusted to the needs and conditions of each pregnant woman.

Pregnant women need five main nutrients: folic acid, calcium, iron, zinc and fiver. Eating vegetables – such as spinach, asparagus, broccoli, cabbage, mustard green, green radish, lettuce, – fruits, such as avocado, beet, orange, tomato, papaya, banana or nuts, such as kidney beans, soybean, green bean, pea, peanut – and beef liver. The daily need of folic zcid for pregnant women is 400 to 600 micrograms.

Omega 3 and fatty acids are also needed during the fetus’ organs formation, especially to develop the brain and nerves before the birth. It can be found in fish oil, salmon and soybeans.

Then, should a pregnant woman drink milk? No, drinking milk is not mandatory for pregnant women, as long as the five main nutrients have been fulfilled through the foods and prenatal vitamins. So, no there is no need to worry if the pregnant woman does not like milk or fells nausea when she smells milk. Indeed, she can still eat food that contains the nutrients needed for the mother and the baby.