RUANG LINGKUP


Kami terus menerus melanjutkan penanganan untuk setiap situasi gawat darurat dan berbagai macam masalah pembangunan/pemberdayaan di wilayah-wilayah terkait dengan menerapkan program yang komprehensif dalam bidang kesehatan, nutrisi, air dan sanitasi, penguatan ekonomi keluarga, dan pengembangan anak usia dini. Kami terus menerus memberikan respon untuk bencana besar di Indonesia dengan menyertakan ratusan relawan gawat darurat bencana terlatih dalam setiap situasi bencana tersebut. Bencana gempa Nias 2005, gempa Jogjakarta 2006, Tsunami Jawa Barat 2007, gempa Jawa Barat 2009, gempa Sumatera Barat 2009, tsunami Mentawai 2010, dan IMG-20141009-WA0009bencana Merapi 2010 adalah bencana-bencana besar yang telah ditangani oleh IBU. Distribusi barang non pangan, membuat klinik berjalan, menyelenggarakan pelayanan psikososial untuk populasi yang terkena bencana adalah kegiatan-kegiatan utama selain kegiatan lainnya yang kami selenggarakan selama penanganan bencana. Kami melanjutkan juga pelatihan terhadap relawan gawat darurat sebagai bagian dari program persiapan bencana yang sekaligus meningkatkan kapasitas organisasi dalam manajemen bencana.
Dalam sektor pembangunan, pendekatan program berbasis masyarakat yang kami laksanakan ditujukan untuk memastikan keberlanjutannya melalui partisipasi masyarakat yang kuat.

196826_10150158333909314_1442402_nBeberapa program yang telah sukses adalah program “Kampung Resilien”, yaitu program untuk Pengurangan Resiko Bencana berbasis Masyarakat. Program “Adoptavillage”, suatu program Pemberdayaan Masyarakat dalam Pengembangan Anak Usia Dini di pedesaan dan area terpencil di Indonesia. Revitalisasi Posyandu, Program Malaria, Program Demam Berdarah adalah program yang masuk di dalam sektor kesehatan dan nutrisi. Program WASH (Air, Sanitasi, dan Kebersihan) dan CLTS (Community Lead Total Sanitation – Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) termasuk dalam program Air dan Sanitasi.

Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPrint this pageEmail this to someone