Kegiatan Internal Meeting Relawan KomJeP-IBU Foundation

Setelah dilangsungkannya kegiatan pelatihan capacity development oleh IBU Foundation untuk 13 orang relawannya terhitung dari bulan November sampai April 2015, IBU Foundation kembali membuka sesi Capacity Development untuk angkatan berikutnya, yaitu angkatan 2.

Sebelum memulai sesi untuk angkatan 2, dalam pelaksanaan kedepannya angkatan 1 akan bertanggung jawab dalam pelaksanaan pelatihan. Oleh karena itu, relawan angkatan 1 merasa perlu diadakannya rapat internal (internal meeting) yang wajib dihadiri oleh semua relawan demi membahas perubahan kurikulum, teknis pelatihan, pembagian tanggung jawab, dan manajemen koordinasi. Kegiatan pelatihan ini sejalan dengan salah satu rencana strategis IBU Foundation yakni “IBU memiliki relawan yang kompeten setiap tahunnya”.

Tujuan dari diadakannya rapat internal ini diantaranya adalah:

  • Officer KomJeP, para koordinator beserta relawan merefleksikan isu-isu interpersonal selama menjalani kegiatan (apa saja kekurangan, permasalahan yang ingin diselesaikan, perkembangan yang dirasakan sesudah training, kekurangan yang dirasa masih terdapat dalam sistem relawan terkait kegiatan yang sudah dilakukan di divisi KomJeP).
  • Officer KomJeP, para koordinator, beserta relawan menetapkan “alur komunikasi” untuk jalur koordinasi yang lebih terstruktur dan efektif dalam setiap informasi.
  • Officer KomJeP, para koordinator, beserta relawan merumuskan kurikulum pelatihan untuk angkatan 2.

 

Salah satu kegiatan yang telah dilakukan pada agenda ini adalah refleksi diri interpersonal, disini relawan saling mendiskusikan dan mengutarakan pendapatnya kepada relawan lain dalam konteks isu personal maupun isu pelaksanaan kegiatan relawan. Pada akhirnya, relawan saling dapat memahami isu masing-masing yang memungkinkan dapat menghambat lajur kerja kegiatan relawan kedepannya dan diharapkan dapat memperbaiki masalah di dalam diri masing-masing relawan. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi update program yang akan dijalankan oleh yayasan IBU dalam beberapa waktu kedepan, sesi ini disampaikan oleh PR Officer yayasan IBU kepada relawan angkatan ke-1, dari hal tersebut dibahas pula untuk menjalin jalur komunikasi yang baik, berkaitan dengan info kegiatan relawan dan juga program yayasan IBU yang berhubungan dengan tim KomJeP. Sesi selanjutnya yaitu menyusun agenda Capacity Development yang dilaksanakan oleh tim KomJeP untuk calon relawan angkatan ke-2. Dalam sesi ini, tim KomJeP  menyusun agenda dari jadwal awal kegiatan Capacity Development yaitu techmet bersama relawan angkatan ke-2 hingga pembuatan jadwal dan materi pelatihan yang akan disampaikan.

Kegiatan internal meeting ini telah memenuhi tujuan dari kegiatan ini yaitu Tim KomJeP, para koordinator dan relawan merefleksikan isu-isu interpersonal selama menjalani kegiatan yaitu apa saja kekurangan, permasalahan yang ingin diselesaikan, perkembangan yang dirasakan sesudah training, dan kekurangan yang dirasa masih terdapat dalam sistem relawan terkait kegiatan yang sudah dilakukan di divisi KomJeP. Dan juga kegiatan ini telah tersampaikan update-update dari program yang akan dilaksanakan oleh yayasan IBU kepada relawan, dari hal ini pun telah terbahas mengenai jalur komunikasi yang harus dilakukan dengan baik kepada relawan mengenai info terbaru mengenai kegiatan relawan yayasan IBU. Dan juga tim KomJeP telah melaksanakan susunan rencana kegiatan Capacity Development yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Suka artikel ini?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *