Monitoring Tindak Lanjut Pelatihan Penguatan Kapasitas Tutor PAUD HI Batch 4 Di Kecamatan Lembang, Bandung Barat

IBU telah melaksanakan monitoring tindak lanjut pada tanggal 16 September 2017 dari kegiatan pelatihan batch 4 tutor PAUD HI gelombang 2 di Kecamatan Lembang, Bandung. Monitoring bertempat di PAUD Ceria, Kecamatan Lembang.

Kegiatan monitoring tindak lanjut dilakukan untuk mengetahui update penerapan dari hasil pelatihan advokasi yang di buat pada rencana tindak lanjut, dimana peserta dibagi jadi 2 lelompok, masing-masing kelompok menentukan isu dan kebutuhan advokasi dari tiap lembaga yang berbeda.

Dari hasil monitoring tiap lembaga telah mengisi form dari lembar rencana tindak lanjut yang dibuat pada saat pelatihan dan menceritakan hasilnya di tiap kolom keterangan. Namun yang berbeda dari gelombang 2 ini, peserta mampu menceritakan pengalaman advokasi yang telah dilakukan sebelum pelatihan dilaksanakan, isu yang di advokasikan sama seperti yang telah ditentukan pada rencana tindak lanjut. Dari hasil pengalaman yang diceritakan, peserta sudah mengajukan isu tersebut ke pemerintah, beberapa ada yang telah terealisasi namun ada pula yang belum mendapatkan hasil.


IBU has conducted monitoring on September 16, 2017 from follow-up training activity in strengthening capacity tutor PAUD HI PAUD HI batch 4 wave 2 with advocacy topic in Lembang Sub district, Bandung. Monitoring took place in PAUD Ceria, Lembang Sub district.

Monitoring activities are carried out to find out implementation updates of advocacy training and written in action plan. Participants divided into 2 groups, each group determining the issues and advocacy needs of each different PAUD.

From monitoring results each agency has filled out monitoring form plan sheet created during training and tells the results in each description column. However, participants were able to tell advocacy experience that had been done before the training was conducted, the issues advocated were the same as those created in training action plan. From results of experiences, participants have raised the issue to local government, some have been done but some are not getting results yet.

Suka artikel ini?

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *