Lokakarya Pelatihan Rumah Kencana Kepada Volunteer dan Animator

Yayasan Plan International Indonesia (YPII) dan Yayasan Indonesia Bhadra Utama (IBU) bekerja sama untuk melaksanakan program masa pemulihan dari dampak bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah yang berbasis pada perlindungan anak dalam konteks darurat bencana dengan mengaktifkan kegiatan layanan dukungan psikososial terstruktur Ruang Ramah Anak Pasca Bencana (Rumah Kencana) untuk anak usia 12 – 18 tahun di 5 Desa terpilih di Kabupaten Donggala dan Sigi.

Salah satu ouput dalam program ini adalah IBU melaksanakan pelatihan kepada peserta diantaranya dari relawan dan animator/fasilitator lokal yang terlibat dalam program dukungan psikososial yang terpusat pada anak di Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Januari 2019. Materi yang disampaikan diantaranya yaitu Psychological First Aid (PFA), dukungan psikososial terhadap anak dan remaja, Child Protection in Emergency (CPiE), dan Grand Design Rumah Kencana

Setelah mengikuti pelatihan, peserta menyusun rencana aksi kegiatan Rumah Kencana yang akan dilaksanakan di seluruh wilayah dampingan. Sehingga, peserta dapat berpartisipasi secara aktif dalam menentukan rencana kegiatan di Program Rumah Kencana.

Psychological First Aid Session