Mengembangkan Generasi Penerus yang Sehat Melalui Posyandu (Bilingual)

Yayasan Indonesia Bhadra Utama (IBU Foundation) bekerjasama dengan HELP E.V melaksanakan program kesehatan pada masa pemulihan dampak pasca bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah membangun akses yang layak untuk masyarakat yang terkena dampak bencana terutama ibu dan anak terkait layanan kesehatan melalui diadakannya pelatihan mengenai pemberian makanan pada bayi dan anak (PMBA) kepada kader posyandu di 10 desa dampingan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Pelatihan diadakan untuk melatih sekaligus merekrut kader Posyandu untuk menjadi konselor dalam meningkatkan akses ibu hamil dan menyusui untuk memperoleh informasi dan ikut serta dalam kegiatan konseling PMBA.

Ibu Masita, seorang kader Posyandu dan salah satu peserta pelatihan turut berbagi ceritanya dalam keikutsertaannya dalam pelatihan. Ibu Masita sehari-hari berkegiatan di Posyandu dengan berkegiatan hanya menimbang berat badan anak dan belum mengerti banyak hal terkait pelayanan kesehatan di Posyandu. Akibat gempa dan tsunami, Ibu Masita beserta keluarga pun menjadi terdampak dan aktifitasnya di Posyandu terganggu.

Ibu Masita berharap dengan keikutsertaannya dalam pelatihan, masyarakat menjadi lebih sehat dengan menggunakan fasilitas Posyandu khususnya ibu dan anak. “Pemahaman ibu-ibu tentang cara menyusui bertambah, sehingga tidak harus pakai susu formula lagi. Agar negara kita lebih maju. Bisa kita terapkan kepada masyarakat, cara-caranya hidup lebih sehat biar ibu-ibu hamil lebih banyak lagi melahirkan generasi-generasi penerus bangsa yang sehat”. Kader Posyandu asal Desa Bobo tersebut mengatakan bahwa merasakan manfaat dari keikutsertaan dan pendampingan yang dilakukan oleh IBU Foundation dan Help E.V. Ibu Masita mengatakan bahwa menjadi kader Posyandu tidak hanya menimbang berat badan namun lebih banyak lagi dari itu dan Ibu Masita memperoleh banyak ilmu untuk mendukung peningkatan kualitas pelayanan Posyandu.