Bimbingan Teknis Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Kota Malang

Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan atau Barenlitbang Kota Malang bekerja sama dengan Yayasan IBU untuk memaksimalkan kinerja Laskar Perencana dalam kegiatan pelatihan atau bimbingan teknis perencanaan dan pembangunan tingkat kecamatan dan kelurahan. Laskar Perencana, merupakan perwakilan warga yang sudah direkrut dari masing-masing kecamatan di Kota Malang dan menjadi salah satu pendamping dalam proses musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) yang diinisiasi Barenlitbang Kota Malang.

Yayasan IBU memfasilitasi Laskar Perencana dengan pemberian materi tentang teknis dan simulasi musyawarah pembangunan. Kegiatan tersebut bertujuan agar Laskar Perencana dapat mendokumentasikan semua usulan dan memberi pendampingan lebih maksimal kepada masyarakat di musrenbang. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk menentukan kelanjutan pembangunan ke depan di masing-masing kecamatan dan kelurahan di Kota Malang.

Salah satu harapan disampaikan oleh perwakilan dari Kecamatan Klojen, peran Laskar Perencana dapat berkontribusi dalam proses pengajuan usulan masyarakat, terutama terkait kewenangan. Misalkan jika ada usulan masyarakat, usulan tersebut masuk pada kewenangan siapa. Apakah kewenangan daerah, provinsi, pusat atau yang lainnya. Hal ini dikarenakan kebanyakan masyarakat tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Sehingga harapannya Laskar Perencana dapat mengarahkan usulan masyarakat agar lebih tepat sasaran.

Dikutip dari Malang Times, Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, berharap Laskar Perencana segera bekerja sesuai dengan tugas dan kewajibannya. Sehingga proses menggali usulan bisa lebih maksimal. Masyarakat juga dapat lebih banyak membuat usulan yang membangun sebagaimana kebutuhan.

Foto Bersama dengan Walikota Malang