Meningkatkan Kepercayaan Diri Agar Lebih Produktif dari Pelatihan Softskill

Program Skill to Succeed merupakan program pemberdayaan terhadap anak muda usia 18-24 tahun dengan sasaran anak muda yang berasal dari keluarga kurang mampu, anak muda putus sekolah, anak muda yang belum bekerja atau bekerja pada sektor yang eksloratif, anak muda dengan disabilitas, mantan pekerja anak, anak-anak tanpa pengasuhan keluarga dan kelompok lainnya (out of School Youth). Wilayah program mencakup pada tiga kecamatan dan lebih dari 7 desa di Kabupaten Subang. Program Skill To Succeed ini dimulai dengan pelatihan softskill. Lalu, setelah mengikuti pelatihan softskill, peserta akan disuruh memilih mengikuti pelatihan kewirausahan atau pelatihan kecakapan kerja.

Widya mewawancarai Kang Erik (Widya interviewing Erik)

Kang Erik sebagai salah satu peserta yang telah mengikuti pelatihan softkill dan pelatihan kewirausahaan turut membagikan pengalamannya selama mengikuti pelatihan tersebut. Kang Erik yang sehari-harinya bekerja freelance makeup mengaku bahwa selama bulan puasa tidak ada job, sehingga ia bisa mengikuti pelatihan yang diadakan oleh IBU Foundation.

Kang Erik merasa bahwa dengan ia mengikuti pelatihan ini dapat bermanfaat bagi kehidupannya, terutama ketika ia mengikuti pelatihan softskill yang ternyata memberikan pengaruh pada kehidupannya. Sikap kurang percaya diri yang terkadang muncul pada dirinya, perlahan-lahan mulai berganti menjadi rasa percaya diri yang lebih tinggi. Ia juga berharap dengan mengikuti pelatihan ini ia bisa sukses sesuai dengan apa yang diharapkannya.

Selain itu, harapan yang lainnya menurut Kang Erik terkait peserta dalam pelatihan ini harus lebih banyak dan juga waktu pelatihan yang lebih dipadatkan. Harapan tersebut muncul ketika ia sendiri sudah merasakan manfaat yang besar setelah mengikuti pelatihan ini sehingga ia pun berharap anak-anak muda lain bisa turut merasakan manfaat dari pelatihan ini.

Writer: Widya Darmawan
Translated by: Alizée Servant