Penelitian Skripsi di IBU Foundation: Meninjau Program Pemberdayaan

Saya pertama kali mengenal IBU Foundation saat melangsungkan praktikum dan magang di bulan April-Juni 2019. Pada praktikum, kami mengunjungi Site Subang yang mana terdapat program yang sedang IBU laksanakan disana. Program tersebut adalah Skill To Succeed. Setelah beberapa waktu kemudian, Saya tertarik untuk meneliti implementasi program tersebut untuk skripsi Saya. Penelitian tersebut ditinjau dari perspektif tahapan pemberdayaan. Saya melangsungkan penelitian selama 4 hari 3 malam. Pihak IBU sangat terbuka dan ramah menerima Saya untuk melakukan penelitian. Pembawaan mereka asik, santai, tetapi profesional. Saya diberi arahan terkait kegiatan wawancara serta dipertemukan dengan narasumber yang dibutuhkan.

Kini kegiatan pelatihan Skill to Succeed dipadatkan selama 3 hari yang biasanya 5 hari. Yayasan IBU sedang disibukkan dengan tahap akhir program. Hal tersebut dikarenakan Program Skill To Succeed akan menuju tahap evaluasi.

Nurul (Tengah) bersama Tim Subang

Adapun harapan oleh penerima manfaat program yang disampaikan oleh narasumber, KW (19) yang menyebutkan bahwa dirinya ingin kegiatan pelatihan ini kedepannya tetap dilakukan untuk generasi selanjutnya. KW juga menuturkan bahwa pelatihan ini sangat berguna terutama bagi dirinya yang sedang merintis usaha. Awalnya KW mengaku bahwa dirinya merupakan sosok pemalu dan kurang percaya diri. Seletah KW mengikuti Pelatihan Soft Skill dan kewirausahaan, KW sudah mulai berani berbicara di depan umum dan mampu mengembangkan usaha yang KW jalani dengan menerapkan ilmu-ilmu pada Pelatihan Soft Skill seperti perencanaan usaha, perencanaan keuangan, dan pemasaran yang telah dilatih oleh fasilitator pada saat pelaksanaan program.