Kelompok Usaha “Mombine Ranjuri”

Kabupaten Sigi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang terdampak bencana gempa bumi pada 28 September 2018. Adapun dampak bencana alam tersebut beberapa rumah rusak dan mata pencaharian masyarakat menjadi terganggu. Oleh karena itu, IBU Foundation melaksanakan program pemulihan mata pencaharian paska bencana.

“Mombine Ranjuri” bersama IBU

Salah satu tujuan dalam pelaksanaan program pemulihan mata pencaharian ini adalah meningkatkan kesejahteraan keluarga masyarakat di wilayah Sulawesi Tengah. Salah satunya yaitu di Desa Beka. Desa Beka merupakan wilayah dampingan IBU Foundation yang terletak di Kecamatan Marawola, Kabupaten Sigi. Desa Beka membentuk kelompok usaha perempuan yang bernama “Mombine Ranjuri” yang diambil dari bahasa lokal Suku Kaili, Sulawesi Tengah. “Mombine” artinya perempuan sedangkan “Ranjuri” yaitu pohon purba yang terletak di Hutan Beka dan merupakan ciri khas dari Desa Beka. Penentuan nama tersebut disepakati oleh anggota kelompok usaha itu sendiri. Anggota kelompok usaha ini berjumlah 24 orang. Mombine Ranjuri memiliki fokus usaha pada pengolahan minyak kelapa dan pangan.

IBU Foundation akan mengupayakan lisensi bagi kelompok usaha seperti PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga), BPOM, dan sertifikasi halal agar promosi produk kelompok usaha dapat bersaing di pasar di wilayah Sulawesi Tengah. Harapan kedepan kelompok usaha dapat mandiri dalam memproduksi dan memasarkan tanpa pendampingan IBU Foundation serta memiliki produk unggulan agar dapat menjaring tenaga kerja perempuan lainnya yang berada di Desa Beka.

IBU Foundation juga akan mengupayakan pemberdayaan kepada kelompok usaha dan meningkatkan pendapatan dalam lingkungan keluarga khususnya perempuan. Pemberdayaan bagi kelompok usaha perempuan ini juga untuk menumbuhkan dan meningkatkan minat, semangat, silaturahmi, dan keterampilan anggota dalam bidang usaha ekonomi kreatif.