Mendukung Kelestarian Taman Nasional Lore Lindu Pada Program Pelana Kasih

Ditulis oleh: Yarid Rimba
(WASH Engineer Officer)

Pada Tahap Rehabilitasi dan Rekonstruksi paska bencana di Sulawesi Tengah, IBU Foundation mendampingi warga yang terdampak di Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi melalui Program WASH dan DRR (Disaster Risk Reduction). IBU Foundation melaksanakan program di Kecamatan Lindu berdekatan dengan kawasan hutan lindung di bawah naungan Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL).

Kami ikut menjaga kelestarian alam tersebut (BBTNLL). Sebelum IBU Foundation melaksanakan program, kami melakukan audiensi dengan Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL) untuk mendapatkan izin berkegiatan dan menyampaikan rencana pelaksanaan Program Pengelolaan Kampung Aman, Bersih, dan Sehat (PELANA KASIH) di Kecamatan Lindu.

IBU Foundation berkomitmen akan menjaga kelestarian sumber daya yang terdapat di kawasan Taman Nasional Lore Lindu. Beberapa komitmen tersebut yaitu;

a. Mengambil pasir dan batu di sekitar kawasan dengan ketentuan tidak melebihi keperluan pembangunan in-take, bak penampungan air, dan sarana sanitasi
b. Mempertahankan DAS (Daerah Aliran Sungai) secara alami
c. Sungai yang dimanfaatkan sebagai sumber air baku tidak akan dialirkan seluruh debitnya ke dalam jaringan pipa untuk mempertahankan aliran sungai tetap ada.
d. IBU Foundation akan berkomunikasi dengan Pihak Balai Taman Nasional Lore Lindu bila ada hal yang menjadi perhatian khusus.

Sambutan baik diberikan oleh Pak Jusman sebagai Kepala BBTNLL tertuang pada komitmen kerja sama antara IBU Foundation dan BBTNLL.

Dalam proses penandatanganan komitmen kerja sama dihadiri oleh Pak Asmoro sebagai perwakilan Donor dari Caritas Switzerland (CaCH) dan Koordinator Lapangan Inspektorat dari Jakarta.