Sharing Internship’s Stories in IBU Foundation

Ariella Vivi

Mahasiswi Fakultas Psikologi, Universitas Padjajaran (Psychology Major, Padjajaran University)

Proses magangku bermula sejak tanggal 11 Juli 2019. Ketika pertama kali datang ke kantor IBU Foundation di Jalan Banjarnegara No. 14, aku merasa khawatir. Namun semua orang yang aku jumpai di sini membantuku untuk belajar lebih banyak, termasuk teman-teman magangku yang berasal dari universitas bahkan jurusan yang berbeda. Satu hal yang cukup menarik perhatianku adalah kegiatan ‘kontrak belajar’ yang berisikan tujuan, harapan, serta action plan yang teman-teman magang tuliskan untuk selanjutnya di-review apakah IBU Foundation dapat memfasilitasi harapan-harapan tersebut. Macam kegiatan ini sebenarnya tidak asing bagiku yang berkuliah di Psikologi Unpad, namun tetap saja merasa amazed ketika IBU Foundation juga melaksanakan kegiatan semacam ini.

Banyak sekali pembelajaran yang aku dapat selama magang di IBU Foundation, mulai dari pengelolaan konten publikasi, management bencana, management HR IBU Foundation, implementation tools yang dipakai oleh IBU Foundation, concept notes, hingga knowledge management. Pelatihan-pelatihan dan sesi sharing ini membuatku lebih tertarik lagi dalam hal-hal pengabdian kepada masyarakat.


Shafira Nada Satrio

Mahasiswi Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung (Bandung Polytechnic of Social Welfare)

Selama magang, saya diberikan pelatihan-pelatihan seperti Organizing, Planning, Human Resource, dan Fundraising dan Information System (POHFI). Sebelumnya, selama menjadi mahasiswa saya benar-benar buta tentang bagaimana cara pengarsipan notulensi di lingkup kantor, bagaimana cara mengorganisasi, atau bagaimana cara menulis laporan. Tetapi setelah diberikan pelatihan-pelatihan tersebut oleh staf IBU Foundation, saya menjadi tahu bagaimana gambaran bekerja di sebuah NGO.

Magang di IBU Foundation mendorong saya untuk menjadi pribadi yang lebih kreatif, berpikir kritis, teliti, dan semakin semangat untuk mengabdi di dunia sosial.


Farah Fadhila

Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung (Communication Major, Bandung Islamic University)

Begitu banyak pengetahuan yang terdapat di dunia ini, kita sebagai umat manusia memiliki tugas untuk mencari dan memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya. Itulah alasan utama mengapa saya memutuskan untuk magang di Yayasan IBU Foundation. Saya berharap dengan magang di IBU Foundation ini, saya dapat memperluas wawasan, menambah pengalaman baru, dan memperluas relasi pertemanan. Selain itu juga, karena salah satu tujuan hidup saya adalah menjadi seseorang yang bermanfaat untuk orang lain.

Saya merasa bersyukur dan senang dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan IBU Foundation ini. Saya harap setelah magang disini, saya masih dapat menjalin kerjasama dengan IBU. Terimakasih banyak atas segala sharing mengenai pengalaman dan ilmu yang telah diberikan. Semoga Yayasan IBU Foundation akan selalu menjadi salah satu tempat untuk mereka yang ingin belajar. Sukses selalu!